Masalah Penelitian Identifikasi Masalah Riset Minat Pribadi Masalah

  • Slides: 27
Download presentation
Masalah Penelitian

Masalah Penelitian

Identifikasi Masalah Riset ® ® Minat Pribadi Masalah Sosial Riset Sebelumnya Evaluasi Program

Identifikasi Masalah Riset ® ® Minat Pribadi Masalah Sosial Riset Sebelumnya Evaluasi Program

Minat Pribadi n n n Curiosity (rasa ingin tahu) Personal Experience (pengalaman pribadi) Contoh:

Minat Pribadi n n n Curiosity (rasa ingin tahu) Personal Experience (pengalaman pribadi) Contoh: n Fakta/pengamatan: n n Banyak mahasiswa yang berasal dari SMU daerah (luar kota) mempunyai IP > 3 Pertanyaan: n n Apa yang menyebabkan mahasiswa luar kota, IP-nya > 3 ? Seberapa besar hubungan antara asal SMU dengan IP ?

Masalah Sosial n Masalah yang dihadapi oleh masyarakat n n n Scientific Journals Mass

Masalah Sosial n Masalah yang dihadapi oleh masyarakat n n n Scientific Journals Mass Media Biasanya bersifat umum, sehingga perlu untuk mendeskripsikan masalah lebih spesifik. n n n Contoh: masalah kejahatan Fakta: Banyak orang yang tidak taat hukum (berbuat kejahatan) Pertanyaan: n n Apa yang menyebabkan orang melakukan kejahatan ? Seberapa besar pengaruh lingkungan terhadap seseorang dalam berbuat kejahatan ?

Riset sebelumnya (Prior Research) n Review Literatur n n Mengetahui kondisi terkini (state-of-the-art) Laporan

Riset sebelumnya (Prior Research) n Review Literatur n n Mengetahui kondisi terkini (state-of-the-art) Laporan Riset n n Keterbatasan atau kelemahan Saran untuk riset kedepan Replikasi/Ulangan dengan data yang berbeda Pengembangan

Sumber Literatur n n n Paper yang dipublikasikan dalam jurnal international yang dinilai dan

Sumber Literatur n n n Paper yang dipublikasikan dalam jurnal international yang dinilai dan disertasi doktor (Springer. Link, Elsevier, dsb) Thesis S 2 dan buku yang “baik” Paper yang dipublikasikan dalam jurnal regional yang dinilai dan laporan pemerintah & industri yang “baik” Jurnal yang tidak dinilai, paper konferensi/seminar, skripsi S 1 Majalah, pamflet, kliping

Tujuan Perumusan Masalah n n n Mencari sesuatu dalam kerangka pemuasan akademis seseorang Memuaskan

Tujuan Perumusan Masalah n n n Mencari sesuatu dalam kerangka pemuasan akademis seseorang Memuaskan perhatian serta keingintahuan seseorang akan hal-hal yg baru Meletakkan dasar untuk memecahkan beberapa penemuan penelitian sebelumnya ataupun dasar untuk penelitian selanjutnya Memenuhi keinginan sosial Meyediakan sesuatu yang bermanfaat

Ciri-ciri masalah yang baik n n n Mempunyai nilai penelitian Fisible Sesuai dengan kualifikasi

Ciri-ciri masalah yang baik n n n Mempunyai nilai penelitian Fisible Sesuai dengan kualifikasi peneliti

Mempunyai nilai penelitian n n Asli/original Menyatakan suatu hubungan Hal yang penting secara ilmiah

Mempunyai nilai penelitian n n Asli/original Menyatakan suatu hubungan Hal yang penting secara ilmiah Dapat diuji

Fisibel n Masalah dapat dipecahkan n Tersedianya data dan metode untuk memecahkan masalah Tersedianya

Fisibel n Masalah dapat dipecahkan n Tersedianya data dan metode untuk memecahkan masalah Tersedianya biaya Dalam waktu yg wajar

Sesuai dengan kualifikasi n n Menarik bagi peneliti Sesuai kualifikasi

Sesuai dengan kualifikasi n n Menarik bagi peneliti Sesuai kualifikasi

Cara merumuskan masalah n n Dirumuskan dalam bentuk pertanyaan Rumusan hendaknya jelas dan padat

Cara merumuskan masalah n n Dirumuskan dalam bentuk pertanyaan Rumusan hendaknya jelas dan padat Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah Rumusan masalah dasar dalam membuat hipotesa

Identifikasi Scope Research n n Bertujuan untuk mentransformasikan topik kedalam sesuatu yang bisa dikelola

Identifikasi Scope Research n n Bertujuan untuk mentransformasikan topik kedalam sesuatu yang bisa dikelola (manageable) dalam artian disesuaikan dengan kemampuan peneliti dan batasan-batasan sumber daya yang ada. “Memperkecil ruang lingkup penelitian”

Identifikasi Research Question n Research question adalah permasalahan riset yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan.

Identifikasi Research Question n Research question adalah permasalahan riset yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Berfokus pada dependent variable, atau apa yang ingin diteliti Contoh: n n Apa yang membuat munculnya perilaku agresi ? Apa yang menentukan (atau menyebabkan) Y ?

Identifikasi Research Objectives n Research Objectives (Tujuan Riset) adalah apa yang ingin dicapai dari

Identifikasi Research Objectives n Research Objectives (Tujuan Riset) adalah apa yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan (goal of research). Biasanya dinyatakan dalam bentuk: n n To explore … To describe … To determine whether … To recommend ….

Latar Belakang Masalah : n berupa pengantar mengenai arti penting topik tersebut untuk diteliti,

Latar Belakang Masalah : n berupa pengantar mengenai arti penting topik tersebut untuk diteliti, alur berpikir hingga muncul permasalahan, yang diakhiri oleh perumusan masalah yang berbentuk kalimat tanya

Penulisan latar belakang masalah n n n Latar belakang masalah bersifat konvergen (mulai yang

Penulisan latar belakang masalah n n n Latar belakang masalah bersifat konvergen (mulai yang umum ke hal yang semakin khusus). Memuat jawaban atas pertanyaan 2 berikut: Apa masalah yang ada dari topik yang akan diteliti? Permasalahan apa yang akan diselesaikan dalam penelitian ini?

n n Cara penyelesaian bagaimana yang diusulkan dalam penelitian ini? Mengapa cara penyelesaian tersebut

n n Cara penyelesaian bagaimana yang diusulkan dalam penelitian ini? Mengapa cara penyelesaian tersebut diusulkan? (dapat menyangkut manfaat/ keuntungan atau apa yang membuat yakin bahwa penelitian tersebut dapat dilakukan; jika mengacu penelitian lain sampaikan secara ringkas, detilnya ada di Tinjauan Pustaka)

n n Apa beda penelitian tersebut dengan yang lain (menyangkut keaslian penelitian) Dengan demikian

n n Apa beda penelitian tersebut dengan yang lain (menyangkut keaslian penelitian) Dengan demikian latar belakang masalah harus cukup komprehensif

n Untuk menjaga keaslian penelitian, harus disampaikan cukup bukti bahwa telah melakukan kajian literatur

n Untuk menjaga keaslian penelitian, harus disampaikan cukup bukti bahwa telah melakukan kajian literatur yang cukup mengenai penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya (untuk S 1: 10 -20 judul, sebanyak mungkin berupa paper jurnal, seminar, skripsi, laporan penelitian jangan terlalu banyak buku teks;

n bahan dari internet dibatasi untuk sumber yang layak dipercaya dan sebisa mungkin ada

n bahan dari internet dibatasi untuk sumber yang layak dipercaya dan sebisa mungkin ada nama penulis, tahun, serta medianya)

n n PROBLEM / MASALAH Masalah diperoleh karena adanya tantangan, kesangsian atau kebingungan terhadap

n n PROBLEM / MASALAH Masalah diperoleh karena adanya tantangan, kesangsian atau kebingungan terhadap sesuatu. Sumber-sumber untuk memperoleh masalah diantaranya : Pengamatan terhadap kegiatan manusia atau hal disekeliling kita.

n n Bacaan, pengalaman. Ulangan serta perluasan dari penelitian sebelumnya. Analisa di bidang pengetahuan.

n n Bacaan, pengalaman. Ulangan serta perluasan dari penelitian sebelumnya. Analisa di bidang pengetahuan. Diskusi-diskusi yang sifatnya ilmiah.

n Seorang peneliti tidak selalu dapat merumuskan masalahnya secara sederhana, jelas dan lengkap, peneliti

n Seorang peneliti tidak selalu dapat merumuskan masalahnya secara sederhana, jelas dan lengkap, peneliti kerap kali hanya memiliki gagasan yang agak umum, tidak spesifik dan belum bulat. Tetapi sebuah pernyataan yang memadai tentang masalah penelitian adalah satu bagian terpenting dalam penelitian.

Ciri-ciri masalah yang baik adalah : n Dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. n Merupakan pernyataan

Ciri-ciri masalah yang baik adalah : n Dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. n Merupakan pernyataan yang menanyakan hubungan apa yang terdapat antara dua variabel atau lebih. n Masalah harus jelas dan tidak ambigu. n Asli. Orisinil, up to date dan mempunyai manfaat atau kegunaan tertentu.

n n Mengisyaratkan bahwa variabel yang ada dapat diuji secara empirik. Masalah dalam penelitian

n n Mengisyaratkan bahwa variabel yang ada dapat diuji secara empirik. Masalah dalam penelitian harus sesuai dengan kualifikasi peneliti itu sendiri dan menarik minatnya. Dalam pemilihan masalah penelitian ada prinsip yang mendasar yakni :

n n Kita harus mengetahui secara umum apa masalahnya. Pemecahan masalah nantinya sebagian terletak

n n Kita harus mengetahui secara umum apa masalahnya. Pemecahan masalah nantinya sebagian terletak pada pengetahuan kita tentang hal -hal yang sedang kita teliti dan sebagaian lagi terletak pada pengetahuan kita tentang sifat-hakikat suatu masalah ilmiah.