Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan UNIT

  • Slides: 13
Download presentation
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan UNIT 6: PAJANGAN

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan UNIT 6: PAJANGAN

I Introduction - Pendahuluan Latar Belakang 1. Salah satu bukti bahwa siswa telah memiliki

I Introduction - Pendahuluan Latar Belakang 1. Salah satu bukti bahwa siswa telah memiliki kemampuan adalah hasil kerjanya; 2. Pajangan hasil kerja siswa memberikan kesan bahwa sekolah sedang ‘menghasilkan’ generasi yang produktif; 3. Pajangan hasil kerja seorang siswa dapat menjadi sumber belajar bagi siswa lain.

Tujuan Sesi Setelah mengikuti sesi ini, peserta mampu: 1. Memahami apa yang dimaksud dengan

Tujuan Sesi Setelah mengikuti sesi ini, peserta mampu: 1. Memahami apa yang dimaksud dengan pajangan; 2. Menjelaskan pengertian dan manfaat pajangan; 3. Menentukan apa saja yang harus dipajang dan tidak perlu dipajang; 4. Merumuskan kriteria hasil kerja yang dipajang; 5. Menetapkan cara memajangkan hasil kerja siswa; 6. Menentukan berapa lama/kali pajangan harus diganti.

Pertanyaan Kunci 1. Memahami apa yang dimaksud dengan pajangan; 2. Menjelaskan pengertian dan manfaat

Pertanyaan Kunci 1. Memahami apa yang dimaksud dengan pajangan; 2. Menjelaskan pengertian dan manfaat pajangan; 3. Menentukan apa saja yang harus dipajang dan tidak perlu dipajang; 4. Merumuskan kriteria hasil kerja yang dipajang; 5. Menetapkan cara memajangkan hasil kerja siswa; 6. Menentukan berapa lama/kali pajangan harus diganti.

Ringkasan sesi Introduction 5 menit Menjelaskan latar belakang, tujuan sesi, dan pertanyaan kunci Connection

Ringkasan sesi Introduction 5 menit Menjelaskan latar belakang, tujuan sesi, dan pertanyaan kunci Connection 15 menit Ungkap pengalaman pengelolaan pajangan di sekolah sendiri Extension Praktikkan pengetahuan tentang pajangan (hakikat, kreteria, dan fungsi pajangan) di sekolah masing-masing. Application 60 menit Merumuskan apa, fungsi /manfaat, kriteria, cara, berapa lama pajangan. Reflection 10 menit Periksa tujuan, ungkap hal yang belum dapat dipahami.

C Connection - Pengkaitan Ungkap Pengalaman 1. Hasil karya siswa apa saja yang Saudara

C Connection - Pengkaitan Ungkap Pengalaman 1. Hasil karya siswa apa saja yang Saudara pernah pajangkan? 2. Apa tujuan Saudara memajangkan hasil karya siswa?

A Application - Penerapan Amatilah pajangan berikut

A Application - Penerapan Amatilah pajangan berikut

Amatilah pajangan berikut:

Amatilah pajangan berikut:

Amatilah pajangan berikut:

Amatilah pajangan berikut:

Kerja Kelompok (4 -6 orang) 1. Apa fungsi/manfaat pajangan? 2. Apa saja yang harus

Kerja Kelompok (4 -6 orang) 1. Apa fungsi/manfaat pajangan? 2. Apa saja yang harus dipajang dan tidak perlu dipajang? 3. Hasil kerja anak mana saja (pandai, sedang, kurang) yang akan dipajang? 4. Bagaimana cara memajangkan dan kriteria apa yang digunakan untuk memajangkan hasil kerja anak. 5. Berapa lama/kali pajangan harus diganti?

Kunjung Karya Amatilah hasil kerja kelompok lain dan berikan komentar

Kunjung Karya Amatilah hasil kerja kelompok lain dan berikan komentar

R Reflection - Refleksi 1. Periksalah apakah tujuan sesi tadi telah tercapai ? Tujuan

R Reflection - Refleksi 1. Periksalah apakah tujuan sesi tadi telah tercapai ? Tujuan Sesi Setelah mengikuti sesi ini, peserta mampu: 1. Memahami apa yang dimaksud dengan pajangan; 2. Menjelaskan pengertian dan manfaat pajangan; 3. Menentukan apa saja yang harus dipajang dan tidak perlu dipajang; 4. Merumuskan kriteria hasil kerja yang dipajang; 5. Menetapkan cara memajangkan hasil kerja siswa; 6. Menentukan berapa lama/kali pajangan harus diganti; 2. Apa sajakah yang masih belum dipahami?

E Extension - Pengayaan Praktikkanlah pengetahuan tentang pajangan (hakikat, kreteria, dan fungsi pajangan) untuk

E Extension - Pengayaan Praktikkanlah pengetahuan tentang pajangan (hakikat, kreteria, dan fungsi pajangan) untuk mengelola pajangan di sekolah masing-masing.