FUNGSI KATA DIRECT AND INDIRECT OBJECTS Direct and

  • Slides: 10
Download presentation
FUNGSI KATA (DIRECT AND INDIRECT OBJECTS)

FUNGSI KATA (DIRECT AND INDIRECT OBJECTS)

Direct and Indirect Objects Pada Pertemuan ke-6 ini kita akan membahas mengenai FUNGSI KATA

Direct and Indirect Objects Pada Pertemuan ke-6 ini kita akan membahas mengenai FUNGSI KATA yang terbagi ke dalam: - Direct Objects - Indirect Objects

Direct and Indirect Objects Apa yang dimaksud dengan objects? Object adalah suatu kata benda

Direct and Indirect Objects Apa yang dimaksud dengan objects? Object adalah suatu kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) yang mengikuti kata kerja (verb). Ada dua jenis object, yaitu direct object dan indirect object.

Direct and Indirect Objects Direct Object: Direct Object dari suatu kata kerja adalah object

Direct and Indirect Objects Direct Object: Direct Object dari suatu kata kerja adalah object yang menerima perlakuan langsung. Anda dapat mengidentifikasi direct object dengan mengajukan pertanyaan ‘apa’ atau ‘siapa. ’ Contoh: Please pass the butter. (Q: pass what? A: the butter) Pada kalimat di atas yang menjadi Direct Object adalah the butter.

Direct and Indirect Objects Contoh lain: I don't have a bank account, because I

Direct and Indirect Objects Contoh lain: I don't have a bank account, because I don't know my mother's maiden name. (Q: don't have what? A: a bank account) (Q: don't know what? A: my mother's maiden name) Pada kalimat di atas, yang menjadi direct object adalah bank account dan my mother's maiden name.

Direct and Indirect Objects Direct Objects juga bisa didefinisikan sebagai penerima suatu aksi. Contoh:

Direct and Indirect Objects Direct Objects juga bisa didefinisikan sebagai penerima suatu aksi. Contoh: Alfred ate the cakes. Cakes adalah direct object karena cakes merupakan penerima aksi dari tindakan ate atau memakan.

Direct and Indirect Objects Indirect Object adalah penerima suatu direct object yang bisa diidentifikasi

Direct and Indirect Objects Indirect Object adalah penerima suatu direct object yang bisa diidentifikasi dengan mengajukan pertanyaan ‘siapa atau apa yang menerimanya. ’ Contoh: Please pass Simon the butter. Dalam kalimat ini, yang menjadi direct object adalah the butter, sedangkan yang menjadi indirect object adalah Simon.

Direct and Indirect Objects Contoh lain: Never tell people how to do things. Tell

Direct and Indirect Objects Contoh lain: Never tell people how to do things. Tell them what to do, and they will surprise you with their ingenuity. Dalam kalimat di atas, yang menjadi indirect object adalah people dan them, sedangkan yang menjadi direc object adalah how to do things dan what to do.

Direct and Indirect Objects Contoh lain: My father send me a lot of money.

Direct and Indirect Objects Contoh lain: My father send me a lot of money. Dalam kalimat di atas, yang menjadi indirect object adalah me, sedangkan yang menjadi direct object adalah a lot of money (karena yang dikirim oleh My father adalah a lot of money sebagai direct object, sedangkan me adalah yang menerima, yaitu sebagai indirect object. )

Terima Kasih

Terima Kasih