AKUNTANS I Kelompok 11 Endah Setiawati C 1150419

  • Slides: 7
Download presentation
AKUNTANS I Kelompok 11 : Endah Setiawati C. 1150419 Ilham Imas Siti Mariam C.

AKUNTANS I Kelompok 11 : Endah Setiawati C. 1150419 Ilham Imas Siti Mariam C. 1150370 Krisna Di Nata Sihombing C. 1150396 Muhammad Ikhsan C. 1150

AKUNTANSI 1. PENGERTIAN 2. KEGIATAN UTAMA AKUNTANSI 3. FUNGSI DAN BIDANG-BIDANG AKUNTANSI 4. KONSEP

AKUNTANSI 1. PENGERTIAN 2. KEGIATAN UTAMA AKUNTANSI 3. FUNGSI DAN BIDANG-BIDANG AKUNTANSI 4. KONSEP DASAR AKUNTANSI

PENGETIAN AKUNTANSI Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) kejadian atau

PENGETIAN AKUNTANSI Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan (Amin. W, 1997) menurut Abubakar. A & Wibowo (2004) adalah proses identifikasi, pencatatan dan komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas/perusahaan.

Kegiatan Utama AKUNTANSI 1. Aktivitas identifikasi yaitu mengidentifikasikan transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan. 2.

Kegiatan Utama AKUNTANSI 1. Aktivitas identifikasi yaitu mengidentifikasikan transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan. 2. Aktivitas pencatatan yaitu aktivitas yang dilakukan untuk mencatat transaksi-transaksi yang telah diidentifikasi secara kronologis dan sistematis. 3. Aktivitas komunikasi yaitu aktivitas untuk mengkomunikasikan informasi akuntansi dalam bentuk laporan keuangan kepada para pemakai laporan keuangan atau pihak yang berkepentingan baik internal perusahaan maupun pihak eksternal.

Fungsi Akuntansi Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan Mengetahui perkembangan ayau maju mundurnya perusahan

Fungsi Akuntansi Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan Mengetahui perkembangan ayau maju mundurnya perusahan Sebagai dasar untuk perhitunngan pajak menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain Dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh Menarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas.

Bidang-Bidang Akuntansi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Akuntansi Keuangan (Financial

Bidang-Bidang Akuntansi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting) Pemeriksaan Akuntansi (Auditing) Akuntansi Manajemen (Management Accounting) Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting) Akuntansi Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting) Akuntansi Biaya (Cost Accounting) Sistem Akuntansi (Accounting System) Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Konsep Dasar Akuntansi A. Kesatuan Usaha (Business Entity) B. Perusahaan Berjalan (Going Concern) C.

Konsep Dasar Akuntansi A. Kesatuan Usaha (Business Entity) B. Perusahaan Berjalan (Going Concern) C. Periode Akuntansi (Time Periods) D. Satuan Uang (Money Measurement) E. Harta Perolehan (Costing of Assets) F. Aspek Ganda (Dual Aspect) G. Konsep Akrual (Accrual Concept)