WEB SERVER 2017 Pengantar Server atau Web server

  • Slides: 11
Download presentation
WEB SERVER 2017

WEB SERVER 2017

Pengantar ■ Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data

Pengantar ■ Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Sejarah ■ WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.

Sejarah ■ WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. ■ Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. ■ WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. ■ Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Fungsi ■ Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer

Fungsi ■ Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

Cara Kerja ■ Web client dan Web server berkomunikasi menggunakan protokol HTTP (Hyper. Text

Cara Kerja ■ Web client dan Web server berkomunikasi menggunakan protokol HTTP (Hyper. Text Transfer Protocol). ■ HTTP (Hyper. Text Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). ■ Saat kita membrowsing suatu alamat web memakai suatu web browser (client http), Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di server Http ( port 80). ■ Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti “GET /HTTP/1. 1” (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode head yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan body dari data tertentu. ■ Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban, seperti “ 200 OK”, dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya, seperti 404 (Not Found), 500 (Internal Server Error).

Aplikasi web server ■ Apache ■ IIS (Internet Information Services atau Internet Information Server)

Aplikasi web server ■ Apache ■ IIS (Internet Information Services atau Internet Information Server) ■ Lighttpd ■ Sun Java System Web Server ■ Nginx ■ Dll

Lanjutan ■ Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform

Lanjutan ■ Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http: atau https: ■ Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. ■ In information technology, a Uniform Resource Identifier (URI) is a string of characters used to identify a resource. Such identification enables interaction with representations of the resource over a network, typically the World Wide Web, using specific protocols. Schemes specifying a concrete syntax and associated protocols define each URI. The most common form of URI is the Uniform Resource Locator (URL), frequently referred to informally as a web address.

■ URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman

■ URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu : Ø Protokol, Ø Alamat Server, Ø Path File. ■ Bagian pertama URL menunjukkan protokol misalnya http: // atau https: //. ■ Bagian kedua URL menunjukkan alamat server di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya www. microsoft. com untuk website Microsoft Corporation. ■ Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/word/q 1974. html. di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q 1974. html adalah nama berkas.

Praktikum web server

Praktikum web server

Tugas/Latihan

Tugas/Latihan