THERMISTOR SENSOR KLOMPOK 4 1 KUKUH DWIYATMIKO 1105048

  • Slides: 26
Download presentation
THERMISTOR SENSOR KLOMPOK 4 : 1. KUKUH DWIYATMIKO / 1105048 2. AZMI / 1105073

THERMISTOR SENSOR KLOMPOK 4 : 1. KUKUH DWIYATMIKO / 1105048 2. AZMI / 1105073 3. ALHADI KURNIAWAN / 4. MUHAMAD FAJRI / FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

THERMISTOR A. Pengertian Thermistor Apa itu thermistor. . . ? Thermistor merupakan thermal resistor

THERMISTOR A. Pengertian Thermistor Apa itu thermistor. . . ? Thermistor merupakan thermal resistor yang artinya (tahanan panas). Thermistor adalah satu jenis yang mempunyai koefisien temperatur yang sangat tinggi. Fungsi utamanya untuk mengubah nilai

Thermistor terbagi 2 jenis yaitu 1. Thermistor positif 2. Thermistor negatif 1. Thermistor positif

Thermistor terbagi 2 jenis yaitu 1. Thermistor positif 2. Thermistor negatif 1. Thermistor positif Pada jenis ini satuan pada inputnya temperatur derajat celcius, sedangkan pada outputnya resistansi adalah ohm

Output (Ω) R 2 R 1 T 2 Input (˚C) Grafik kerja thermistor positif

Output (Ω) R 2 R 1 T 2 Input (˚C) Grafik kerja thermistor positif

2. Thermistor negatif Pada jenis ini input dan outputnya sama dengan thermistor jenis positif,

2. Thermistor negatif Pada jenis ini input dan outputnya sama dengan thermistor jenis positif, perbedaannya adalah jika temperatur naik maka resistansinya akan turun dapat dilihat pada gambar grafik dibawah ini.

Output (Ω) R 2 R 1 T 2 Input (˚C) Grafik kerja thermistor negatif

Output (Ω) R 2 R 1 T 2 Input (˚C) Grafik kerja thermistor negatif

Proses Kerjanya pada proses pingiriman sinyal data ke ECM tidak dapat dalam bentuk k.

Proses Kerjanya pada proses pingiriman sinyal data ke ECM tidak dapat dalam bentuk k. Ohm , karena ECM hanya dapat menerima dalam bentuk tegangan dalam satuan (Volt).

Karakteristik Sensor Thermistor - Resistansi tinggi 1 k. Ohm sampai 100 k. Ohm. -

Karakteristik Sensor Thermistor - Resistansi tinggi 1 k. Ohm sampai 100 k. Ohm. - Ukuran fisik ( disk, manik-manik, batang ) kecil. - Manik kecil ( small bead diameternya 0, 005 inchi ) - Respon waktu cepat, untuk thermistor manik ½ detik. - Lebih murah dari pada RTD. - Sensitivitas sangat tinggi ( 1000 kali lebih sensitif dari pada RTD ). - Perubahan resistansi 10% per nol derajat celsius. Misal resistansi nominal 10 k. Ohm. - Resistansi akan berubah 1 k. Ohm untuk setiap perubahan temperatur satu derajat celcius. - Tidak sensitif terhadap shock vibrasi. - Thermistor dilindungi kapsul ( Plastik, teflon/ material lembam). - Meperlambat waktu respon karena kontak termal kurang baik.

Cara Kerja Sensor Thermistor Berfungsi untuk mengubah suhu menjadi resistansi atau hambatan listrik yang

Cara Kerja Sensor Thermistor Berfungsi untuk mengubah suhu menjadi resistansi atau hambatan listrik yang berbanding terbalik dengan perubahan suhu. Semakin tinggi suhu, semakin kecil resistansinya.

Bentuk Fisik Thermistor dibawah ini merupakan gambar bentuk thermistor

Bentuk Fisik Thermistor dibawah ini merupakan gambar bentuk thermistor

Bentuk Thermistor a. Butiran thermistor ini digunakan pada > 7000 celsius dan memiliki nilai

Bentuk Thermistor a. Butiran thermistor ini digunakan pada > 7000 celsius dan memiliki nilai resistansi 100 ohm hingga 1 mega ohm. b. Thermistor keping thermistor ini digunakan dengan cara direkatkan langsungn pada benda yang diukur panasnya. C. Thermistor batang digunakan untuk menentukan perubahan panas pada peralatan elektronik, mempunyai resistansi tinggi dan disipasi dayanya sedang.

Konstruksi Thermistor gambar kostruksi thermistor tipe GM 102.

Konstruksi Thermistor gambar kostruksi thermistor tipe GM 102.

karakteristik dasar a. Karakteristik R ( resistansi ) terhadap T (suhu ) b. Karakteristik

karakteristik dasar a. Karakteristik R ( resistansi ) terhadap T (suhu ) b. Karakteristik R ( resistansi ) terhadap t (waktu) c. Karakteristik V ( tegangan) terhadap I ( arus )

Prinsip Fisis Sensor Thermistor 1. R 3, thermistor dan VRI dipasang seri supaya dapat

Prinsip Fisis Sensor Thermistor 1. R 3, thermistor dan VRI dipasang seri supaya dapat menentukan pembagian tegangan yang sesuai yang akan diberikan ke trassistor switching. 2. Tegangan suplai adalah sama dengan jumlah tegangan yang jatuh pada R 3, thermistor dan VR 1. 3. Thermistor dipasang pada bagian atas dari VR 1 dimaksudkan supaya pada saat suhu naik tegangan pada titik triger ( basis Transistor = VR 1 ) akan mengalami kenaikan. 4. anda bisa menukar posisi thermistor dengan VR 1 dengan tujuan agar rangkaian alarm akan aktif pada saat suhu mengalami penurunan

APLIKASI THERMISTOR PADA OTOMOTIF Adalah pada Sensor IAT (Intake Air Temperature) Sensor ini medeteksi

APLIKASI THERMISTOR PADA OTOMOTIF Adalah pada Sensor IAT (Intake Air Temperature) Sensor ini medeteksi temperatur udara masuk ke engine dengan mengunakan thermistor.

Bentuk fisik sensor IAT

Bentuk fisik sensor IAT

 Sensor yang dihubungkan seri dengan tahanan diberi tegangan 5 V. Bila tegangan pada

Sensor yang dihubungkan seri dengan tahanan diberi tegangan 5 V. Bila tegangan pada sensor berubah (karena temperature), maka tegangan yang ke ECU juga berubah. Tegangan kerja adalah 4, 5 s/d 0, 2 Volt, dari dingin ke panas

 Letak Dimana Posissi Sensor Ini Dipasang IAT terletak di bagian udara masuk Pada

Letak Dimana Posissi Sensor Ini Dipasang IAT terletak di bagian udara masuk Pada dibagian slang udara yang dilalui udara masuk. Lebih jelas lihat lah contoh letak sensor IAT tersebut dibawah ini.

Salah satu gambar dimana sensor IAT dipasang.

Salah satu gambar dimana sensor IAT dipasang.

Klasiikasi sensor ITA IAT adalah bagian dari sensor MAF, IAT terhubung ke terminal THA

Klasiikasi sensor ITA IAT adalah bagian dari sensor MAF, IAT terhubung ke terminal THA pada ECM.

CATATAN BAGI KITA YAITU : Salah satu strategi ECM menggunakan untuk menentukan awal mesin

CATATAN BAGI KITA YAITU : Salah satu strategi ECM menggunakan untuk menentukan awal mesin dingin adalah dengan membandingkan ECT dan IAT sinyal. Jika keduanya dalam 8'C (15'F) satu sama lainnya, ECM mengasumsikan itu adalah awal yang dingin. Strategi ini penting karena beberapa monitor diagnostik, seperti monitor EVAP, adalah didasarkan pada mulai dingin. SUHU SENSOR

Gejala- gejala yang terjadi pada sensor IAT yang rusak karena 1. Koneksi longgar 2.

Gejala- gejala yang terjadi pada sensor IAT yang rusak karena 1. Koneksi longgar 2. Resistensi yang tinggi di sirkuit

1. Melepaskan konektor kabel harness dari sensor IAT. 2. Menggunakan Digital Volt-Ohmmeter (DVOM), mengukur

1. Melepaskan konektor kabel harness dari sensor IAT. 2. Menggunakan Digital Volt-Ohmmeter (DVOM), mengukur resistansi antara dua terminal sensor. Intake Air Temperature (IAT) sensor konektor terminal identifikasi - 199496 model 3. Bandingkan perlawanan membaca dengan grafik yang menyertainya. Jika membaca untuk suhu tertentu adalah sekitar yang ditunjukkan dalam tabel, sensor IAT oke. 4. Pasang konektor memanfaatkan kabel ke sensor.

Cara penyisihan dan Instalasi 1. Lepaskan kabel negatif baterai. 2. Melepaskan konektor kabel harness

Cara penyisihan dan Instalasi 1. Lepaskan kabel negatif baterai. 2. Melepaskan konektor kabel harness dari sensor IAT. 3. Hapus sensor dari tabung udara bersih outlet.

Untuk menghapus Aplikasi sensor IAT. Untuk menghapus sensor IAT, lepaskan konektor kabel harnessnya. •

Untuk menghapus Aplikasi sensor IAT. Untuk menghapus sensor IAT, lepaskan konektor kabel harnessnya. • Untuk menginstal: • Bersihkan udara bersih tabung outlet dan IAT bos sensor pemasangan untuk membersihkan daerah sensor dari semua kotoran dan kotoran. • Pasang sensor ke dalam tabung bersih lubang udara aman. • Pasang konektor memanfaatkan kabel ke sensor IAT. • Hubungkan kabel aki negatif.

Sekian & Terima Kasih

Sekian & Terima Kasih