Ragam Bahasa Definisi Ragam bahasa adalah variasi bahasa

  • Slides: 12
Download presentation
Ragam Bahasa

Ragam Bahasa

Definisi Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda yaitu menurut topik yang

Definisi Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda-beda yaitu menurut topik yang dibicarakan, hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

Macam-macam Ragam Bahasa Indonesia A. Berdasarkan media: 1. ragam lisan 2. ragam tulis B.

Macam-macam Ragam Bahasa Indonesia A. Berdasarkan media: 1. ragam lisan 2. ragam tulis B. Berdasarkan cara pandang penutur (Situasi) : 1. ragam Resmi 2. ragam tak resmi 3. ragam Akrab 4. ragam Bahasa Konsultasi

Ragam Lisan dan Ragam Tulisan Ragam bahasa lisan: bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa.

Ragam Lisan dan Ragam Tulisan Ragam bahasa lisan: bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa. misalnya pada saat orang berpidato atau memberi sambutan, dalam situasi perkuliahan, ceramah. Ragam Bahasa Tulis: bahasa yang ditulis atau yang tercetak. Misalnya: buku pelajaran, teks, majalah, surat kabar, poster, iklan.

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (1) A. Ragam Lisan 1. Memerlukan orang kedua/teman

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (1) A. Ragam Lisan 1. Memerlukan orang kedua/teman bicara; Tergantung situasi, kondisi, ruang & waktu; Tidak harus memperhatikan unsur gramatikal, hanya perlu intonasi serta bahasa tubuh. Dipengaruhi tinggi rendahnya dan panjang pendeknya suara 2. 3. 4. B. Ragam Tulis 1. 2. 3. 4. Tidak memerlukan orang kedua/teman bicara; Tidak tergantung kondisi, situasi & ruang serta waktu; Harus memperhatikan unsur gramatikal (sesuai dengan tata bahasa). Contoh tulisan buku, majalah dan surat kabar Dilengkapi dengan tanda baca, huruf besar, dan huruf miring

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (2) Ragam lisan 5. Berlangsung cepat 6. Sering

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (2) Ragam lisan 5. Berlangsung cepat 6. Sering dapat berlangsung tanpa alat bantu 7. Kesalahan dapat langsung dikoreksi 8. Dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik wajah serta intonasi Ragam tulis 5. Berlangsung lambat; 6. Selalu memakai alat bantu; 7. Kesalahan tidak dapat langsung dikoreksi; 8. Tidak dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik muka, hanya terbantu dengan tanda baca.

Ragam Bahasa berdasarkan cara pandang penutur (Situasi) 1. Ragam Bahasa Resmi Ciri-ciri ragam bahasa

Ragam Bahasa berdasarkan cara pandang penutur (Situasi) 1. Ragam Bahasa Resmi Ciri-ciri ragam bahasa resmi: 1. Menggunakan unsur gramatikal secara eksplisit (secara tegas) dan konsisten 2. Menggunakan imbuhan secara lengkap 3. Menggunakan kata ganti resmi 4. Menggunakan kata baku 5. Menggunakan EYD 6. Menghindari unsur kedaerahan

2. Ragam Bahasa Tidak Resmi Ciri-ciri ragam bahasa tidak resmi kebalikan dari ragam bahasa

2. Ragam Bahasa Tidak Resmi Ciri-ciri ragam bahasa tidak resmi kebalikan dari ragam bahasa resmi. Ragam bahasa tidak resmi ini digunakan ketika kita berada dalam situasi yang tidak formal. 3. Ragam Bahasa Akrab penggunaan kalimat-kalimat pendek merupakan ciri ragam bahasa akrab. Kalimat-kalimat pendek ini menjadi bermakna karena didukung oleh bahasa nonverbal seperti anggukan kepala, gerakan kaki dan tangan, atau ekspresi wajah

4. Ragam Bahasa Konsultasi ketika kita mengunjungi seorang dokter, ragam bahasa yang kita gunakan

4. Ragam Bahasa Konsultasi ketika kita mengunjungi seorang dokter, ragam bahasa yang kita gunakan adalah ragam bahasa resmi. Namun, dengan berjalannya waktu terjadi alih kode. Bukan bahasa resmi lagi yang digunakan, melainkan bahasa santai. Itulah ragam bahasa konsultasi.

Contoh ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan 1. Dia dihukum karena melakukan tindak pidana. (ragam

Contoh ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan 1. Dia dihukum karena melakukan tindak pidana. (ragam hukum) 2. Setiap pembelian diatas nilai tertentu akan diberikan discount. (ragam bisnis) 3. Cerita itu menggunakan unsur flashback. (ragam sastra) 4. Anak itu menderita penyakit kuorsior. (ragam kedokteran) 5. Penderita autis perlu mendapatkan bimbingan yang intensif. (ragam psikologi)

6. Ragam Bahasa Ilmiah Adalah sarana verbal yang efektif, efesien, baik, dan benar. Misalnya,

6. Ragam Bahasa Ilmiah Adalah sarana verbal yang efektif, efesien, baik, dan benar. Misalnya, dalam penulisan : 1. Proposal kegiatan ilmiah, proposal penelitian; 2. Laporan kegiatan yg berbentuk surat, artikel, makalah, naskah. 3. Karya tulis ilmiah: skripsi, tesis, dan disertasi 4. Laporan rutin suatu pekerjaan yg berbentuk surat, artikel, maupun naskah 5. Laporan pertanggungjawaban: laporan kegiatan, laoran keuangan, dll 6. Laporan penelitian yang berbentuk: laporan analisis, laporan rekomendasi.

Ciri Ragam Bahasa ilmiah : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Bahasa Indonesia ragam

Ciri Ragam Bahasa ilmiah : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Bahasa Indonesia ragam baku; Penggunaan kalimat efektif; Menghindari bentuk bahasa yang bermakna ganda; Penggunaan kata dan istilah yang bermakna lugas dan menghindari pemakaian kata dan istilah yang bermakna kias; Menghindari penonjolan persona dengan tujuan menjaga objektivitas isi tulisan; Adanya keselarasan dan keruntutan antarproposisi dan antaralinea.