PRODI EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS

  • Slides: 29
Download presentation
PRODI EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA Orientasi Mahasiswa Baru Angkatan 2020

PRODI EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA Orientasi Mahasiswa Baru Angkatan 2020 21 September 2020

Latar Belakang Prodi Ekonomi Islam Pesatnya perkembangan Ekonomi kurang diimbangi dengan konsep yang memadai.

Latar Belakang Prodi Ekonomi Islam Pesatnya perkembangan Ekonomi kurang diimbangi dengan konsep yang memadai. q Sehingga dunia praktis sangat cepat berkembang sementara ilmu dan konsep yang seharusnya menjadi landasan praktek justru cukup tertinggal. q Dengan demikian, program studi ini berpeluang menjadi pelopor dalam bidang keilmuan dan aplikasi Ekonomi Islam.

VISI Menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional yang dapat mengembangkan konsep dan aplikasi Ekonomi Islam

VISI Menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional yang dapat mengembangkan konsep dan aplikasi Ekonomi Islam 1. Menyelenggarakan pendidikan Ekonomi Islam dengan pendekatan berpikir kritis, kreatif dan inovatif. 2. Melakukan dan mempublikasikan penelitian dan pengabdian masyarakat serta kegiatan ilmiah lainnya untuk pengembangan ilmu ekonomi terapan di bidang Ekonomi Islam. 3. Menginspirasi, mencerahkan, dan memberdayakan masyarakat madani berdasarkan hasil pendidikan dan penelitian.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI EKIS 1. Menguasai prinsip-prinsip dasar teori ekonomi baik dalam lingkup

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI EKIS 1. Menguasai prinsip-prinsip dasar teori ekonomi baik dalam lingkup makro maupun mikro secara konvesional maupun Islam. 2. Menguasai teori Ekonomi Islam secara komprehensif 3. Menguasai konsep dasar bisnis dan kewirausahaan Islam, teknik dasar pemodelan dan perencanaan bisnis Islam, konsep dasar penyusunan strategi bisnis Islam, dan dasar etika bisnis dalam Islam. 4. Mengaplikasikan teori Ekonomi Islam untuk meniti karier di dunia kerja (Misal; Dosen Ekonomi Islam, Peneliti Bidang Ekonomi dan Keuangan Islam, Pegawai Lembaga Pemerintahan, Analis Ekonomi Islam, Anggota Dewan Pengawas Syariah, Konsultan bidang Ekonomi Islam, Wirausahawan, dll) atau melanjutkan studi pada bidang Ekonomi Islam

Status Akreditasi

Status Akreditasi

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

SIKAP 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. (S

SIKAP 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. (S 1) 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. (S 2) 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S 3) 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (S 4) 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S 5)

Lanjutan SIKAP 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan

Lanjutan SIKAP 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S 6) 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S 7) 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S 8) 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S 9) 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S 10) 11. Berakhlak karimah dalam aktivitas sosial, ekonomi, dan bisnis. (S 11)

KETERAMPILAN UMUM (KU) 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks

KETERAMPILAN UMUM (KU) 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU 1) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU 2) 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU 3) 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU 4)

KETERAMPILAN UMUM (KU) 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang

KETERAMPILAN UMUM (KU) 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU 5) 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. (KU 6) 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU 7) 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU 8) 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU 9)

KETERAMPILAN KHUSUS (KK) 1. Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar ekonomi untuk menganalisis isu

KETERAMPILAN KHUSUS (KK) 1. Memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar ekonomi untuk menganalisis isu dan kebijakan pembangunan ekonomi kontemporer, baik pada tingkat regional, nasional, maupun global. (KK 1) 2. Mendemonstrasikan cara berpikir dalam bidang ekonomi, keuangan dan bisnis yang berkesesuaian dengan kaidah Islam. (KK 2) 3. Mengaplikasikan teori ekonomi, keuangan, dan bisnis Islam untuk menganalisis isu dan kebijakan pembangunan ekonomi, baik pada tingkat regional, nasional, maupun global. (KK 3) 4. Mampu mengimplementasikan informasi keuangan pada sistem dan lembaga keuangan Islam sesuai dengan prinsip - prinsip Islam dan standar tata kelola yang ditentukan oleh regulator. (KK 4)

KETERAMPILAN KHUSUS (KK) 5. Mendemonstrasikan kemampuan dalam pengumpulan, pengolahan, dan analasis data, serta penyusunan

KETERAMPILAN KHUSUS (KK) 5. Mendemonstrasikan kemampuan dalam pengumpulan, pengolahan, dan analasis data, serta penyusunan dan penyajian laporan secara ilmiah. (KK 5) 6. Mengimplementasikan manajemen zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. (KK 6) 7. Mampu mengimplementasikan model bisnis Islam untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. (KK 7) 8. Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan alat analisis (software) pada bidang ekonomi, keuangan dan bisnis Islam. (KK 8) 9. Mendemonstrasikan kemampuan dalam pengembangkan karier atau studi lanjut pada bidang ekonomi. (KK 9)

PENGUASAAN PENGETAHUAN (P) 1. Mampu memahami istilah, konsep dasar, definisi, dan teori ekonomi secara

PENGUASAAN PENGETAHUAN (P) 1. Mampu memahami istilah, konsep dasar, definisi, dan teori ekonomi secara terpadu baik secara oral maupun tulisan. (P 1) 2. Mampu memahami prinsip-pinsip dasar ekonomi, baik pada level mikro maupun makro. (P 2) 3. Mampu menjelaskan mekanisme sistem perekonomian dan peranannya dalam pengambilan kebijakan ekonomi. (P 3) 4. Mampu menjelaskan perilaku-pelaku ekonomi baik secara individu, rumah tangga, perusahaan, maupun pemerintah dalam mengambil keputusan tentang penggunaan sumber daya ekonomi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. (P 4) 5. Mampu memahami model atau analisis ekonomi dalam menggambarkan fenomena pembangunan ekonomi kontemporer. (P 5)

PENGUASAAN PENGETAHUAN (P) 6. Mampu menguasai teori ekonomi makro, mikro Islam, serta konsep dasar

PENGUASAAN PENGETAHUAN (P) 6. Mampu menguasai teori ekonomi makro, mikro Islam, serta konsep dasar ekonomi, keuangan dan bisnis Islam. (P 6) 7. Mampu menguasai konsep tentang teknologi informasi dan komunikasi pada bidang ekonomi, keuangan dan bisnis Islam. (P 7) 8. Mampu menguasai dasar ilmu manajemen Islam, fikih ZISWAF (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) serta konsep pemberdayaan ekonomi dan sosial ZISWAF. (P 8) 9. Mampu menguasai konsep bisnis lembaga keuangan Islam, prinsip-prinsip analisis keuangan dan investasi Islam, serta tata kelola lembaga keuangan Islam. (P 9) 10. Mampu menguasai konsep dasar bisnis dan kewirausahaan Islam, teknik dasar pemodelan dan perencanaan bisnis Islam, konsep dasar penyusunan strategi bisnis Islam, dan dasar-dasar etika bisnis dalam Islam. (P 10) 11. Mampu menguasai konsep metodologi penelitian dalam bidang ekonomi, keuangan dan bisnis Islam. (P 11)

Struktur kurikulum Program Studi S 1 Ekonomi Islam sebagai berikut: 1. Mata Kuliah Wajib

Struktur kurikulum Program Studi S 1 Ekonomi Islam sebagai berikut: 1. Mata Kuliah Wajib Umum : 8 sks 2. Mata Kuliah Wajib Universitas : 14 sks 3. Mata Kuliah Wajib Fakultas : 18 sks 4. Mata Kuliah Wajib Jurusan : 36 sks 5. Mata Kuliah Wajib Program Studi : 57 sks 6. Mata Kuliah Pilihan Program Studi* : 15 sks TOTAL SKS : 148 sks Mata kuliah Pilihan Program Studi S 1 Ekonomi Islam sebagai berikut 1. Mata Kuliah Pilihan di dalam PS : 15 sks 2. Mata Kuliah Pilihan di luar PS : 20 sks

Mata Kuliah Smt 2 SKS Sifat 2 W MKU Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Kewarganegaraan

Mata Kuliah Smt 2 SKS Sifat 2 W MKU Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Kewarganegaraan Kewirausahaan KKNP (Pengabdian Kepada Masyarakat) Pancasila SKRIPSI 1 2 W MKU 4 2 W UNIV 7 4 W UNIV 1 2 W UNIV 7 6 W UNIV Hukum Komersial Matematika Ekonomi dan Bisnis Pengantar Akuntansi Pengantar Ekonomi Pengantar Manajemen Statistika 1 3 W FAK 1 3 W FAK 2 3 W FAK Agama Islam 16 NAP JIL JIL NAP JIL/NAP JIL/NAP JIL/NAP

Mata Kuliah Ekonometrika II Ekonomi Internasional I Ekonomi Makro II Ekonomi Mikro II Ekonomi

Mata Kuliah Ekonometrika II Ekonomi Internasional I Ekonomi Makro II Ekonomi Mikro II Ekonomi Moneter I Ekonomi Pembangunan Ekonomi Pertanian Ekonomi Publik I Keuangan Internasional Manajemen Investasi Metodologi Penelitian Ekonomi Perekonomian Indonesia Sejarah Pemikiran Ekonomi Smt SKS Sifat 4 3 W JUR 5 3 W JUR 3 3 W JUR 2 3 W JUR 3 3 W JUR 6 3 P JUR 5 3 W JUR 3 3 W JUR 4 3 W JUR JIL/NAP JIL JIL NAP JIL/NAP JIL NAP

Mata Kuliah Smt SKS Sifat Akuntansi Lembaga Keuangan Islam Al- Qawaid Al Fiqhiyah 4

Mata Kuliah Smt SKS Sifat Akuntansi Lembaga Keuangan Islam Al- Qawaid Al Fiqhiyah 4 3 W PRODI 5 3 W PRODI NAP JIL Aplikasi Komputer Keuangan & Perbankan Islam 6 3 P PRODI NAP Bahasa Arab Ekonomi Makro Islam Ekonomi Mikro Islam Ekonomi Politik Islam Ekonomi ZISWAF Fiqh Muamalat II Keuangan Publik Islam Koperasi Islam 2 3 W PRODI 4 3 W PRODI 5 3 W PRODI 2 3 W PRODI 4 3 W PRODI 6 3 P PRODI 5 3 P PRODI NAP NAP JIL JIL/NAP NAP JIL 18

Mata Kuliah Manajemen Bank dan Lembaga Keuangan Islam Manajemen Keuangan Pemikiran Ekonomi Islam Pengantar

Mata Kuliah Manajemen Bank dan Lembaga Keuangan Islam Manajemen Keuangan Pemikiran Ekonomi Islam Pengantar Filsafat Ilmu (Ekonomi Islam) Pengantar Ushul Fiqh Statistik Multivariat Topik Khusus Keuangan dan Perbankan Islam Topik Khusus Lembaga ZISWAF Ushul Fiqh 19 Smt SKS Sifat 5 3 W PRODI JIL 5 2 3 3 W W PRODI 2 3 W PRODI 3 3 W PRODI 6 3 W PRODI JIL NAP JIL/NAP 6 3 W PRODI NAP 6 4 3 3 W W PRODI NAP

Catatan: 1. Kurikulum ini diberlakukan pada semua mahasiswa mulai angkatan 2020 termasuk mahasiswa angkatan

Catatan: 1. Kurikulum ini diberlakukan pada semua mahasiswa mulai angkatan 2020 termasuk mahasiswa angkatan sebelumnya. 2. Mata kuliah prasyarat adalah mata kuliah yang merupakan persyaratan untuk menempuh mata kuliah yang diprasyarati 3. Mata Kuliah (MK) Pilihan (P), beban SKS yang harus ditempuh sejumlah 15 SKS atau setara dengan 5 MK. 4. Mata Kuliah Pilihan di Program Studi S 1 Ekonomi Syariah hanya akan ditawarkan disesuaikan dengan kebijakan program studi serta ketersediaan Pengajar. 5. Mahasiswa diperkenankan mengambil mata kuliah dari program studi lain dalam Jurusan Ilmu Ekonomi sebagai Mata Kuliah Pilihan. 6. Semua mata kuliah memiliki beban SKS = 3 kecuali mata kuliah umum ada yang (2 SKS), Kegiatan KKNP Pengabdian Masyarakat (4 SKS) dan Skripsi (6 SKS). 7. KKN-P bisa ditempuh setelah mahasiswa mengumpulkan atau menempuh 130 SKS. 20

KEGIATAN MERDEKA BELAJAR DAN PENYETARAANNYA Sesuai Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 3

KEGIATAN MERDEKA BELAJAR DAN PENYETARAANNYA Sesuai Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1– yakni mahasiswa memiliki kesempatan mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam Program Studi dan di luar Program Studi 21

Kegiatan Merdeka Belajar 1 -2 Semester di luar Prodi Kegiatan Merdeka Belajar yang dilakukan

Kegiatan Merdeka Belajar 1 -2 Semester di luar Prodi Kegiatan Merdeka Belajar yang dilakukan selama 1 -2 semester dan disetarakan dengan minimal 20 sks matakuliah tiap semester dengan 3 rencana kegiatan pertukaran pelajar yang dapat dipilih oleh Mahasiswa yaitu; i) Kegiatan Merdeka Belajar 1 semester di luar PS EKIS di Program Studi Internal UB, ii) Kegiatan Merdeka Belajar 1 semester di luar PS EKIS di Program Studi Ekonomi Islam di Luar UB, dan iii) Kegiatan Merdeka Belajar 1 semester di luar PS EKIS di Internal UB dan Belajar 1 semester di PS EKIS di Luar UB. 22

Kegiatan Merdeka Belajar Kewirausahaan Islam bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan yang berbasis Islam.

Kegiatan Merdeka Belajar Kewirausahaan Islam bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan yang berbasis Islam. Selain itu, juga dalam rangka mengintegrasikan pemikiran Ekonomi Islam dalam kegiatan bisnis ekonomi di sektor riil. Kegiatan ini akan dilakukan selama 1 - 2 semester dan disetarakan dengan minimal 20 sks tiap semester. Kegiatan Magang dilakukan dengan bekerjasama dengan komunitas dan atau organisasi wirausaha muslim dengan output kegiatan adalah mahasiwa mampu membuat start-up Bisnis Islam. 23

Kegiatan Merdeka Belajar Penelitian BIdang Ekonomi Islam Kegiatan Merdeka Belajar Penelitian Bidang Ekonomi Islam

Kegiatan Merdeka Belajar Penelitian BIdang Ekonomi Islam Kegiatan Merdeka Belajar Penelitian Bidang Ekonomi Islam bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keilmuan Ekonomi Islam dengan perkembangan praktis Ekonomi Islam baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Kegiatan Magang Penelitian ini akan dilakukan selama 1 - 2 semester dan disetarakan dengan minimal 20 sks tiap semester. Kegiatan Merdeka Belajar dilakukan dengan bekerjasama dengan lembaga penelitian pemerintah maupun non pemerintah dengan output kegiatan adalah publikasi di jurnal bereputasi tingkat nasional maupun international. 24

Merdeka Belajar Disetarakan dengan Mata Kuliah Kode MK Mata Kuliah EKI 62101 Keuangan Publik

Merdeka Belajar Disetarakan dengan Mata Kuliah Kode MK Mata Kuliah EKI 62101 Keuangan Publik Islam EKI 62009 Statistik Multivariat Topik Khusus Lembaga EKI 62010 ZISWAF Topik Khusus Keuangan dan EKI 62011 Perbankan Islam Aplikasi Komputer Keuangan & EKI 62102 Perbankan Islam EKU 60215 Ekonomi Pertanian EKU 60216 Keuangan Internasional EKU 60217 Manajemen Investasi EKI 61101 Koperasi Islam Total SKS* SKS 3 3 3 3 3 27

ALUR MATA KULIAH PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM

ALUR MATA KULIAH PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM

No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Kode FEB 60001 FEB

No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Kode FEB 60001 FEB 60002 FEB 60003 FEB 60004 FEB 60006 MPK 60007 UBU 60004 MPK 60008 No. Kode 1 EKI 60001 2 3 4 5 6 7 8 EKI 62001 EKI 62002 EKI 62003 EKU 60201 EKU 60202 FEB 60005 MPK 60001 Semester I Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pengantar Manajemen Pengantar Akuntansi Matematika Ekonomi dan Bisnis Hukum Komersial Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Pancasila Jumlah Semester II Mata Kuliah Fiqh Muamalat I Pengantar Filsafat Ilmu (Ekonomi Islam) Bahasa Arab Pemikiran Ekonomi Islam Ekonomi Makro I Ekonomi Mikro I Statistika AGAMA ISLAM 27 Jumlah SKS 3 3 3 2 2 23 SKS 3 3 3 3 2 23 No. 1 2 3 4 5 6 7 8 Kode EKI 60002 EKU 60204 EKU 60205 EKU 60206 EKU 60207 EKU 60208 EKU 60209 EKU 60211 Semester III Mata Kuliah Pengantar Ushul Fiqh Ekonomi Moneter I Ekonomi Internasional I Ekonomi Pembangunan Ekonomi Mikro II Ekonomi Makro II Ekonomi Publik I Perekonomian Indonesia Jumlah No. 1 2 3 4 Kode EKI 62004 EKI 62005 EKI 62006 EKI 62007 EKI 62008 5 6 EKU 60210 7 EKU 60213 8 UBU 60003 Semester IV Mata Kuliah Fiqh Muamalat II Ushul Fiqh Ekonomi Mikro Islam Ekonomi Makro Islam Akuntansi Lembaga Keuangan Islam Ekonometrika I Sejarah Pemikiran Ekonomi Kewirausahaan Jumlah SKS 3 3 3 3 24 SKS 3 3 3 3 2 23

No. Kode 1 EKI 61001 2 EKI 61002 3 EKI 61003 4 5 6

No. Kode 1 EKI 61001 2 EKI 61002 3 EKI 61003 4 5 6 7 8 EKI 61004 EKU 60212 EKU 60214 EKI 61101 EKI 61005 No. Kode 1 EKI 62101 2 EKI 62009 3 EKI 62010 4 EKI 62011 EKI 62102 5 6 EKU 60215 7 EKU 60216 8 EKU 60217 Semester V Mata Kuliah Manajemen Keuangan Ekonomi ZISWAF Al- Qawaid Al Fiqhiyah Manajemen Bank dan Lembaga Keuangan Islam Metodologi Penelitian Ekonomi Ekonometrika II Koperasi Islam Ekonomi Politik Islam SKS 3 3 Jumlah Semester VI Mata Kuliah Keuangan Publik Islam Statistik Multivariat Topik Khusus Lembaga ZISWAF Topik Khusus Keuangan dan Perbankan Islam Aplikasi Komputer Keuangan & Perbankan Islam Ekonomi Pertanian Keuangan Internasional Manajemen Investasi Jumlah 3 3 24 SKS 3 3 3 3 21 Semester VII No. Kode Mata Kuliah SKS 6 1 UBU 60001 SKRIPSI KKNP (Pengabdian Kepada 4 2 UBU 60002 Masyarakat) Jumlah 10 Total Jumlah 148

Thank You

Thank You