PENGERTIAN EUTHANASIA Eutanasia dari bahasa yunani adalah praktik

  • Slides: 8
Download presentation

PENGERTIAN EUTHANASIA Eutanasia (dari bahasa yunani) adalah praktik pencabutan kehidupan manusia atau hewan melalui

PENGERTIAN EUTHANASIA Eutanasia (dari bahasa yunani) adalah praktik pencabutan kehidupan manusia atau hewan melalui cara yang dianggap tidak menimbulkan rasa sakit atau menimbulkan rasa sakit yang minimal, biasanya dilakukan dengan cara memberikan suntikan yang mematikan.

JENIS EUTHANASIA Ø Euthanasia aktif, yaitu tindakan secara sengaja yang dilakukan dokter atau tenaga

JENIS EUTHANASIA Ø Euthanasia aktif, yaitu tindakan secara sengaja yang dilakukan dokter atau tenaga kesehatan lain untuk memperpendek atau mengakhiri hidup si pasien. Misalnya, memberi tablet sianida atau menyuntikkan zat -zat berbahaya ke tubuh pasien. Ø Euthanasia pasif. Dokter atau tenaga kesehatan lain secara sengaja tidak (lagi) memberikan bantuan medis yang dapat memperpanjang hidup pasien. Ø Autoeuthanasia. Seorang pasien menolak secara tegas dengan sadar untuk menerima perawatan medis dan ia mengetahui bahwa itu akan memperpendek atau mengakhiri hidupnya. Dengan penolakan tersebut, ia membuat sebuah codicil (pernyataan tertulis tangan).

PRESENTASE JENIS EUTHANASIA YANG DILAKUKAN DI RS MAKMUR 40 35 30 25 Euthanasia aktif

PRESENTASE JENIS EUTHANASIA YANG DILAKUKAN DI RS MAKMUR 40 35 30 25 Euthanasia aktif 20 Euthanasia pasif 2 15 Autoeuthanasia 10 5 0 Tahun 2014 Tahun 2015 Tahun 2016 tahun 2017

EUTHANASIA DALAM PANDANGAN ISLAM Syariat Islam jelas mengharamkan euthanasia aktif, karena termasuk dalam kategori

EUTHANASIA DALAM PANDANGAN ISLAM Syariat Islam jelas mengharamkan euthanasia aktif, karena termasuk dalam kategori melakukan pembunuhan dengan sengaja (al-qatl al-‘amâd), walaupun niatnya baik, yaitu untuk meringankan penderitaan pasien. Hukumnya tetap haram walaupun atas permintaan pasien sendiri atau keluarganya

AYAT AL – QUR’AN DAN HADIS YANG MELARANG EUTHANASIA Janganlah kalian membunuh jiwa yang

AYAT AL – QUR’AN DAN HADIS YANG MELARANG EUTHANASIA Janganlah kalian membunuh jiwa yang diharamkan Allah (untuk membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar. (QS al-An‘am [6]: 151). Tidaklah suatu musibah menimpa seseorang Muslim, kecuali Allah menghapuskan dengan musibah itu dosanya, hatta sekadar duri yang menusuknya. (HR al-Bukhari dan Muslim).

VIDEO PROSES TERJADINYA EUTHANASIA SELAMAT MENYAKSIKAN

VIDEO PROSES TERJADINYA EUTHANASIA SELAMAT MENYAKSIKAN

ASSALAMUALAIKUM WR. WB TERIMA KASIH

ASSALAMUALAIKUM WR. WB TERIMA KASIH