LAPISAN ILMU HUKUM Beberapa Lapisan Ilmu Hukum FILSAFAT

  • Slides: 13
Download presentation
LAPISAN ILMU HUKUM

LAPISAN ILMU HUKUM

Beberapa Lapisan Ilmu Hukum FILSAFAT HUKUM TEORI HUKUM DOGMATIK HUKUM PRAKTIK HUKUM

Beberapa Lapisan Ilmu Hukum FILSAFAT HUKUM TEORI HUKUM DOGMATIK HUKUM PRAKTIK HUKUM

Filsafat Hukum q Induk dari semua disiplin yuridik, karena membahas masalah-msalah funamental yang tidak

Filsafat Hukum q Induk dari semua disiplin yuridik, karena membahas masalah-msalah funamental yang tidak akan pernah berakhir. q Filsafat hukum tersusun atas proposisi-proposisi normatif dan evaluatif, walaupun informatif juga ada di dalamnya. q Karakteristik Filsafat Hukum : a. Mendasar/radikal b. Menyeluruh/holistik/totalistik c. Spekulatif

Teori Hukum q Teori Hukum Mempunyai Makna Ganda : a. Teori hukum sebagai produk

Teori Hukum q Teori Hukum Mempunyai Makna Ganda : a. Teori hukum sebagai produk Sebab rumusan merupakan hasil kegiatan teoritik bidang hukum. b. Teori hukum sebagai proses Karena teori hukum merupakan kegiatan teoritik tentang hukum atau bidang hukum. q Teori Hukum adalah jalan ilmiah metodikal untuk memperoleh pemahaman teoritikal dan memberikan penjelasan secara global tentang gejala-gejala hukum.

Ruang Lingkup Teori Hukum (Otje Salman dan Anthon F. Susanto) q Mengapa hukum berlaku?

Ruang Lingkup Teori Hukum (Otje Salman dan Anthon F. Susanto) q Mengapa hukum berlaku? q Apa dasar kekuatan mengikatnya? q Apa yang menjadi tujuan hukum? q Bagaimana seharusnya hukum itu dipahami? q Apa hubungan dilakukan oleh hukum? q Bagaimana hukum yang adil.

Persamaan dan Perbedaan q Antara q q teori hukum dengan filsafat hukum sangat berdampingan

Persamaan dan Perbedaan q Antara q q teori hukum dengan filsafat hukum sangat berdampingan erat, bahkan adakalanya sangat sulit dibedakan. Tugas teori hukum adalah untuk membuat jelas nilai-nilai hukum dan postulat-postulatnya hingga dasar-dasar filsafatnya yang paling dalam. Filsafat hukum juga membicarakan teori hukum, tetapi filsafat hukum tidak mengajukan suatu teori hukum. Filsafat hukum dan teori hukum sama-sama tidak membatasi diri pada Ius constitutum, melainkan juga pada ius constituendum. Teori hukum bertitik tolak dari suatu teori (hypothesis). Filsafat hukum merupakan diskursus terbuka yang tidak membatasi diri pada postulat, premis atau metode.

Dogmatik Hukum q Mempelajari aturan-aturan hukum dari sudut pandang teknical dan methodical. q Bertujuan

Dogmatik Hukum q Mempelajari aturan-aturan hukum dari sudut pandang teknical dan methodical. q Bertujuan untuk praktik hukum. q Objek kajian pada hukum positif. q Mempelajari asas-asas dan pengertian 2 hukum.

Karakteristik Lapisan Ilmu Hukum LAPISAN ILMU HUKUM FILSAHAT HUKUM TEORI HUKUM DOGMATIK HUKUM KONSEP

Karakteristik Lapisan Ilmu Hukum LAPISAN ILMU HUKUM FILSAHAT HUKUM TEORI HUKUM DOGMATIK HUKUM KONSEP Grondbegripp Algemene Technischjuridi en Begrippen sch Begrippen EKSPLANASI Reflektif Analitis Teknis Yuridis Spekulatif Normatif Empiris Normatif SIFAT

Hubungan Lapisan Ilmu Hukum Menurut J. J. H. Bruggink Filsafat Hukum Meta Teori Dogmatik

Hubungan Lapisan Ilmu Hukum Menurut J. J. H. Bruggink Filsafat Hukum Meta Teori Dogmatik Hukum Teor i Hukum Positif

Hubungan Lapisan Ilmu Hukum Menurut H. P. H. Visser Thooft Filsafat Hukum (Rechts Filosophie)

Hubungan Lapisan Ilmu Hukum Menurut H. P. H. Visser Thooft Filsafat Hukum (Rechts Filosophie) Teori Hukum (Rechts Theorie) Ilmu Hukum Praktis (Practische Rechtswetenschap) Ilmu-Ilmu Hukum Lainnya (Andere Rechtswetenschappen)

Ilmu Hukum Praktis q Dogmatik hukum termasuk ilmu hukum praktis q Tujuan ilmu hukum

Ilmu Hukum Praktis q Dogmatik hukum termasuk ilmu hukum praktis q Tujuan ilmu hukum praktis adalah legal problem solving. q Dibutuhkan Art (keterampilan praktis).

UNSUR-UNSUR HUKUM (Soerjono Soekanto & R. Odje Salman) Unsur-Unsur Hukum Riil Ideal Etika Nilai

UNSUR-UNSUR HUKUM (Soerjono Soekanto & R. Odje Salman) Unsur-Unsur Hukum Riil Ideal Etika Nilai Asas Kaida h esteti ka Logik a Metodik Sistem atik Pengert ian Filsaf at Huku Ilmu m Ilmu Kaida Pengert h ian Dogmatik Hukum Alam Buday Manu a sia Ilmu Kenyataan : Sejarah Hukum Sosiologi Hukum Antropologi Hukum Psikologi Politik Hukum Perbandingan Hukum

“ Terima Kasih “

“ Terima Kasih “