Kewirausahaan Kemampuan utk menciptakan nilai tambah dari keterbatasan

  • Slides: 13
Download presentation
Kewirausahaan : Kemampuan utk menciptakan nilai tambah dari keterbatasan yang dimiliki melalui peluang usaha

Kewirausahaan : Kemampuan utk menciptakan nilai tambah dari keterbatasan yang dimiliki melalui peluang usaha yang kreatif, mengelola sumber daya dan berani menanggung risiko.

Ada tiga jenis Wirausaha (Ir. Ciputra) 1. Necessity Entrepreneur yaitu menjadi wirausaha karena terpaksa

Ada tiga jenis Wirausaha (Ir. Ciputra) 1. Necessity Entrepreneur yaitu menjadi wirausaha karena terpaksa dan desakan kebutuhan hidup. 2. Replicative Entrepreneur, yang cenderung meniru bisnis yang sedang ngetren sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan. 3. Inovatip Entrepreneur, wirausaha inovatip yang terus berpikir kreatif dlm melihat peluang dan meningkatkannya.

DEFINISI L AIN KEWIRAUSAHAAN : l Kewirausahaan adalah l l Suatu nilai yang diwujudkan

DEFINISI L AIN KEWIRAUSAHAAN : l Kewirausahaan adalah l l Suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis. (Ahmad Sanusi, 1994) Kewirausahaan adalah l Suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (“ability to create the new and different) (Drucker, 1959).

l Kewirausahaan l Suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan

l Kewirausahaan l Suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer 1996) l Kewirausahaan l adalah: adalah Suatu nilai yang diperlukan untuk memulai usaha (start up phase) dan perkembangan usaha (venture growth) (Soeharto Prawiro, 1997)

l Kewirausahaan l Suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang

l Kewirausahaan l Suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (innovative) yang bermanfaat memberikan nilai lebih. l Kewirausahaan l adalah: adalah Suatu usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

l KESIMPULANNYA (6 Konsep) l Kewirausahaan adalah: l Sebagai suatu kemampuan kreatif dan inovatif

l KESIMPULANNYA (6 Konsep) l Kewirausahaan adalah: l Sebagai suatu kemampuan kreatif dan inovatif (create new and different) yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses, dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.

Usaha apa yaa ? 1. Usaha bidang makanan n 2. Usaha sandang (pakaian, sepatu,

Usaha apa yaa ? 1. Usaha bidang makanan n 2. Usaha sandang (pakaian, sepatu, dsb) n 3. Kebutuhan dasar, potensi pasar luas, ragamnya banyak, harga dari yang rendah sampai yang sangat tinggi Kebutuhan dasar , potensi pasar luas, pangsa luas Usaha pendidikan (TK, kursus-kursus, dsb) n Kebutuhan dasar, potensi besar.

Cerita Orang Kaya

Cerita Orang Kaya

Bagaimana menjual ide ? l Tuliskan ide-ide yang bisa dijadikan menjadi rupiah 1 l

Bagaimana menjual ide ? l Tuliskan ide-ide yang bisa dijadikan menjadi rupiah 1 l 2 l 3 l 4 l 5 Langkah mewujudkannya ? ? ? l

PROMOSI l ADVERTISING l PERSONAL SELLING l SALES PROMOTION l PUBLIC RELATION Materi kuliah

PROMOSI l ADVERTISING l PERSONAL SELLING l SALES PROMOTION l PUBLIC RELATION Materi kuliah Kewirausahaan 10

BENTUK ADVERTISING l l l l l PAPAN REKLAME POSTER KATALOG FOLDER SPANDUK SLIDE

BENTUK ADVERTISING l l l l l PAPAN REKLAME POSTER KATALOG FOLDER SPANDUK SLIDE IKLAN PAPAN NAMA PEURUSAHAAN PERMEN, BALLPOIN, NOTE BOOK Materi kuliah Kewirausahaan 11

PROMOSI SEDERHANA l MEMASANG PAPAN NAMA PERUSH l MEMASANG SPANDUK “ SUDAH DIBUKA…………”DAN KEUNGGULAN

PROMOSI SEDERHANA l MEMASANG PAPAN NAMA PERUSH l MEMASANG SPANDUK “ SUDAH DIBUKA…………”DAN KEUNGGULAN PRODUKNYA l MENYEBARKAN BROSUR 2 l MEMBERITAHU KAWAN l MENYEBAR KARTU NAMA Materi kuliah Kewirausahaan 12

STRATEGI PROMOSI ORANG MEMBELI KARENA : 1 MRK MEMP. KEBUTUHAN DASAR 2 MRK MENGINGINKAN

STRATEGI PROMOSI ORANG MEMBELI KARENA : 1 MRK MEMP. KEBUTUHAN DASAR 2 MRK MENGINGINKAN STATUS(PAKAIAN MENURUT MODE TERAKHIR) 3 MRK INGIN BARANG MEWAH ATAU YANG TDK MENDASAR(TV, KOSMETIK) 4 MRK INGIN MENGGUNAKAN PRODUK U. TUJUAN BISNIS (MESIN TULIS, MEJA TULIS, PENGANGKUT DLL. ) Materi kuliah Kewirausahaan 13