KECERDASAN BUATAN Pengertian Kecerdasan Buatan AI atau Kecerdasan

  • Slides: 15
Download presentation
KECERDASAN BUATAN

KECERDASAN BUATAN

Pengertian Kecerdasan Buatan AI atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang

Pengertian Kecerdasan Buatan AI atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. AI dilihat dari berbagai sudut pandang : Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’. Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia. Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis. Sudut pandang Pemrograman : studi tentang penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

Pengertian Kecerdasan Buatan Aplikasi ini memiliki 2 bagian utama, yaitu: Basis Pengetahuan (Knowledge Base)

Pengertian Kecerdasan Buatan Aplikasi ini memiliki 2 bagian utama, yaitu: Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya. Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Sejarah Kecerdasan Buatan Pada 1950 -an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa/tidaknya mesin

Sejarah Kecerdasan Buatan Pada 1950 -an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa/tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas). Istilah“Artificial Intelligence” dimunculkan oleh John Mc. Carthy (MIT), tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitumengetahuidanmemodelkanproses-proses berpikir manusia dan mendesain mesinagar dapat menirukan kelakukan manusia tersebut. Beberapa program AI periode 1956 -1966 : – Logic Theorist, untuk pembuktian teorema matematik – Sad Sam (oleh Robert K. Lindsay, 1960), program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah percakapan. –ELIZA (Joseph Weizenbaum, 1967), program untuk terapi pasien dengan memberikan jawaban.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan Ruang lingkup Kecerdasan Buatan terdiri dari : 1. Sistem Pakar

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan Ruang lingkup Kecerdasan Buatan terdiri dari : 1. Sistem Pakar (Expert System) Komputer memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar. 2. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari 3. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) Melalui pengenalan ucapan, diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan 4. Robotika dan Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems) 5.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan 4. Robotika dan Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems) 5. Computer Vision Menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer 6. Intelligence Computer –aided Instruction Komputer digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. 7. Game Playing

Perbedaan Kecerdasan Alami & Buatan

Perbedaan Kecerdasan Alami & Buatan

Sejarah PROLOG Prolog singkatan dari Programming in Logic. Dikembangkan oleh Alain Colmenraurer dan P.

Sejarah PROLOG Prolog singkatan dari Programming in Logic. Dikembangkan oleh Alain Colmenraurer dan P. Roussel di Universitas Marseilles Perancis, tahun 1972. Prolog populer di Eropa untuk aplikasi artificial intelligence, sedangkan di Amerika peneliti mengembangkan aplikasi yang sama, yaitu LISP.

APLIKASI PROLOG Sistem Pakar (Expert System) Program menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang

APLIKASI PROLOG Sistem Pakar (Expert System) Program menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat, layaknya seorang ahli. Contoh dalam mendiagnosa penyakit. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Languange Processing) Program dibuat agar pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia sehari-hari, layaknya penterjemah. Robotik Prolog digunakan untuk mengolah data masukanyang berasal dari sensor dan mengambil keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan.

APLIKASI PROLOG Pengenalan Pola (Pattern Recognition) Banyak digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat

APLIKASI PROLOG Pengenalan Pola (Pattern Recognition) Banyak digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat membedakan suatu objek dengan objek yang lain. Belajar (Learning) Program belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dari pengamatan atau dari hal-hal yang pernah diminta untuk dilakukan.

Konsep Pemrograman PROLOG Fakta dan Relasi Prolog terdiri dari kumpulan data-data objek yang merupakan

Konsep Pemrograman PROLOG Fakta dan Relasi Prolog terdiri dari kumpulan data-data objek yang merupakan suatu fakta. Fakta dibedakan 2 macam : Menunjukkan relasi. Menunjukkan milik/sifat. Penulisannya diakhiri dengan tanda titik “. ” Contoh : Fakta Prolog Slamet adalah ayah Amin ayah (slamet, amin). Anita adalah seorang wanita (anita). Angga suka renang dan tenis suka(angga, renang). dan suka(angga, tenis). Jeruk berwarna orange(jeruk).

Konsep Pemrograman PROLOG Aturan (“Rules”) Aturan adalah suatu pernyataan yang menunjukkan bagaimana fakta-fakta berinteraksi

Konsep Pemrograman PROLOG Aturan (“Rules”) Aturan adalah suatu pernyataan yang menunjukkan bagaimana fakta-fakta berinteraksi satu dengan yang lain untuk membentuk suatu kesimpulan. Sebuah aturan dinyakatakan sebagai suatu kalimat bersyarat. Kata “if” adalah kata yang dikenal Prolog untuk menyatakan kalimat bersyarat atau disimbolkan dengan “: -“. Setiap aturan terdiri dari kesimpulan(kepala) dan tubuh. Tubuh dapat terdiri dari 1 atau lebih pernyataan atau aturan yang lain, disebut subgoal dan dihubungkan dengan logika “and”. Aturan memiliki sifat then/if conditional “Kepala(head) benar jika tubuh (body) benar”.

Konsep Pemrograman PROLOG Predikat (“Predicate”) Predikat adalah nama simbolik untuk relasi. Contoh : ayah(slamet,

Konsep Pemrograman PROLOG Predikat (“Predicate”) Predikat adalah nama simbolik untuk relasi. Contoh : ayah(slamet, amin). Predikat dari fakta tersebut ditulis : ayah(simbol, simbol). dimana ayah adalah nama predikat, sedangkan slamet dan amin adalah menujukkan argumen. Sebuah predikat dapat tidak memiliki atau memiliki argumen dengan jumlah bebas. Jumlah argumen suatu predikat disebut aritas (arity). Contoh : ayah(nama) …… aritas-nya 1 ayah(nama 1, nama 2) …. . aritasnya 2

Konsep Pemrograman PROLOG Variabel Varibel adalah besaran yang nilainya dapat berubah. Tata cara penulisan

Konsep Pemrograman PROLOG Variabel Varibel adalah besaran yang nilainya dapat berubah. Tata cara penulisan variabel : Nama varibel harus diawali huruf besar atau garis bawah (_) Nama variabel dapat terdiri dari huruf, bilangan, atau simbol dan merupakan kesatuan dengan panjang maksimum 250 karakter. Nama variabel hendaknya mengandung makna yang berkaitan dengan data yang dinyatakannya.

Menu bar pada Visual Prolog Pada gambar diatas merupakan menu bar yang terdapat pada

Menu bar pada Visual Prolog Pada gambar diatas merupakan menu bar yang terdapat pada Visual Prolog antara lain terdapat New File, Open File, Save, Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Compile, Build project, Debug, Break, Stop, Trace into, Step over, Run to Cursor, Step Out.