ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang

  • Slides: 9
Download presentation
ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan

ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi merupakan seni membuat gambar menerangkan yang naskah. berfungsi Ilustrasi memperjelas dipergunakan dan untuk memperjelas pesan. Ilustrasi dapat membantu retensi. yaitu memudahkan pembaca untuk mengingat konsep atau gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi.

ILUSTRASI Ditinjau dari fungsinya, ilustrasi memiliki tiga fungsi yaitu : 1. Ilustrasi berfungsi deskriptif,

ILUSTRASI Ditinjau dari fungsinya, ilustrasi memiliki tiga fungsi yaitu : 1. Ilustrasi berfungsi deskriptif, yaitu menggantikan uraian tentang sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat yang panjang. 2. Ilustrasi berfungsi ekspresif, yaitu memperlihatkan dan menyatakan suatu maksud, gagasan, perasaan, situasi atau konsep yang abstrak menjadi nyata secara tepat dan mengena sehingga mudah dipahami. 3. Ilustrasi berfungsi analitis, yaitu dapat menunjukkan rincian bagian demi bagian dari suatu benda, sistem atau proses secara detail, sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik Out line, adalah cara menggambar secara

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik Out line, adalah cara menggambar secara global, atau tidak detail dan hanya menggambar garis luarnya saja, sehingga terkesan datar, karena tidak ada pengaturan gelap terang. • Teknik arsir, adalah cara menggambar dengan menggunakan arsir atau unsur garis yang terputus-putus, yang digoreskan secara teratur dan berulang-ulang, untuk mewujudkan efek gelap terang. • Teknik blok, adalah cara menggambar dengan memanfaatkan warna secara blok, tanpa menerapkan gradasi dan transisi sehingga terasa datar

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik scraperboard, adalah cara menggambar dengan menggoreskan

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik scraperboard, adalah cara menggambar dengan menggoreskan bentuk-bentuk garis yang arahnya mengikuti volume obyek pada bagian yang gelap dibuat lebih rapat, sedangkan pada bagian yang terang garis dibuat agak renggang. • Teknik dot, yaitu cara mewujudkan gambar dengan menyusun titik-titik sehingga membentuk suatu obyek tertentu, kesan gelap dan terang ditentukan oleh jumlah titik dalam satu area • Teknik goresan kering, adalah cara menggambar dengan memanfaatkan tinta atau cat yang sengaja dibuat agak kering, sehingga warna-warna ketika digoreskan tidak merata.

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik half tone, adalah cara menggambar dengan

Teknik gambar ilustrasi Dengan cara manual. • Teknik half tone, adalah cara menggambar dengan memanfaatkan efek transisi warna dari terang ke gelap, dengan menggunakan tinta atau cat yang dibuat agak encer. • Teknik siluet, adalah cara menggambar dengan mewujudkan warna tunggal yang solid atau pekat, biasanya warna hitam tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan warna lain.

Ilustrasi Digital Ilustrasi digital adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengesplorasikan kemampuan kreatif program

Ilustrasi Digital Ilustrasi digital adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengesplorasikan kemampuan kreatif program komputer untuk membuat seni visual berupa ilustrasi dan memperbaiki ilustrasi. Ada dua macam gambar dapat dihasilkan proses digital, yaitu gambar vektor dan gambar bitmap. Masing mempunyai karakteristik dan manfaat yang berbeda.

Ilustrasi Digital Gambar vektor adalah gambar yang tidak tergantung pada resolusi. Gambar jenis ini

Ilustrasi Digital Gambar vektor adalah gambar yang tidak tergantung pada resolusi. Gambar jenis ini tidak akan mengalami perubahan pada saat dibesarkan atau dikecilkan. Gambar vektor merupakan hasil garis, kurva dan bidang. Program komputer yang digunakan antara lain corel Draw, adobe Illustrator dan Macromedia Freehand.

Ilustrasi Digital Gambar bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut pixel

Ilustrasi Digital Gambar bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut pixel (picture element). Titik-titik akan terlihat sebagai sebuah gambar utuh bila kita melihatnya dari jauh. Bila kita melihat gambar tersebut dari dekat atau membesarkannya maka akan muncul sederetan kotak yang berhimpitan. Banyaknya titik akan berpengaruh pada tingkat kejelasan gambar yang sering disebut dengan resolusi. Gambar yang sejenis bitmap berformatkan JPG, BMP, TIFF, GIF.

Pengenalan Corel. Draw

Pengenalan Corel. Draw