ETIKA BISNIS PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN HUBUNGAN

  • Slides: 10
Download presentation
ETIKA BISNIS “PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN, HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA, KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA

ETIKA BISNIS “PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN, HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA, KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS” PUTRI NOVIAWATI 17213029/4 EA 09 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN BUDAYA ORGANISASI Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN BUDAYA ORGANISASI Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi. Penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh karakteristik utama yang secara keseluruhan, merupakan hakikat budaya organisasi.

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN • • • FUNGSI BUDAYA ORGANISASI Sebagai penentu batas-batas

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN • • • FUNGSI BUDAYA ORGANISASI Sebagai penentu batas-batas perilaku dalam arti menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, apa yang dipandang baik atau tidak baik, menentukan yang benar dan yang salah. Menumbuhkan jati diri suatu organisasi dan para anggotanya. Menumbuhkan komitmen sepada kepentingan bersama di atas kepentingan individual atau kelompok sendiri. Sebagai tali pengikat bagi seluruh anggota organisasi. Sebagai alat pengendali perilaku para anggota organisasi yang bersangkutan.

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN Sedangkan Schneider dalam (Pearse dan Bear, 1998) mengklasifikasikan budaya

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI DAN PERUSAHAAN Sedangkan Schneider dalam (Pearse dan Bear, 1998) mengklasifikasikan budaya organisasi ke dalam empat tipe dasar: • • Control culture. Budaya impersonal nyata yang memberikan perhatian pada kekonkretan, pembuatan keputusan yang melekat secara analitis, orientasi masalah dan preskriptif. Collaborative culture. Berdasarkan pada kenyataan individu terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan secara people-driven, organic dan informal. Interaksi dan keterlibatan menjadi elemen pokok. Competence culture. Budaya personal yang dilandaskan pada kompetensi diri, yang memberikan perhatian pada potensi, alternatif, pilihan-pilihan kreatif dan konsep-konsep teoretis. Orang-orang yang termasuk dalam tipe budaya ini memiliki standar untuk meraih sukses yang lebih tinggi. Cultivation culture. Budaya yang berlandaskan pada kemungkinan seorang individu mampu memperoleh inspirasi

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA HUBUNGAN ETIKA DAN BUDAYA Etika pada dasarnya adalah standar atau

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA HUBUNGAN ETIKA DAN BUDAYA Etika pada dasarnya adalah standar atau moral yang menyangkut benar-salah, baik-buruk. Dalam kerangka konsep etika bisnis terdapat pengertian tentang etika perusahaan, etika kerja, dan etika perorangan, yang menyangkut hubungan-hubungan sosial antara perusahaan, karyawan dan lingkungannya. Etika perusahaan menyangkut hubungan perusahaan dan karyawan sebagai satu kesatuan dengan lingkungannya (misalnya dengan perusahaan lain atau masyarakat setempat), etika kerja terkait antara perusahaan dengan karyawannya, dan etika perorangan mengatur hubungan antar karyawan.

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA PENGARUH ETIKA TERHADAP BUDAYA Etika seseorang dan etika bisnis adalah

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA PENGARUH ETIKA TERHADAP BUDAYA Etika seseorang dan etika bisnis adalah satu kasatuan yang terintegrasi sehingga tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, keduanya saling melengkapi dalam mempengaruhi perilaku antar individu maupun kelompok, yang kemudian menjadi perilaku organisasi yang akan berpengaruh terhadap budaya perusahaan. Jika etika menjadi nilai dan keyakinan yang terinternalisasi dalam budayau perusahaan, maka akan berpotensi menjadi dasar kekuatan perusahaan dan akhirnya akan berpotensi menjadi stimulus dalam peningkatan kinerja karyawan.

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA Terdapat pengaruh yang signifikan antara etika seseorang dariu tingkatan manajer

HUBUNGAN BUDAYA DAN ETIKA Terdapat pengaruh yang signifikan antara etika seseorang dariu tingkatan manajer terhadap tingkah laku etis dalam pengambilan keputusan. Kemampuan seorang profesional untuk dapat mengerti dan pekau terhadap adanya masalah etika dalam profesinya sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sosial budaya, dan masyarakat dimana dia berada. Budaya perusahaan memberikan sumbangan yang sangat berartiu terhadap perilaku etis. Perusahaan akan menjadi lebih baik jika mereka membudayakan etika dalam lingkungan perusahaannya.

KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS Kendalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis Mentalitas para pelaku

KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS Kendalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis Mentalitas para pelaku bisnis, terutama top management yang secara moral rendah, sehingga berdampak pada seluruh kinerja Bisnis. Perilaku perusahaan yang etis biasanya banyak bergantung pada kinerja top management, karena kepatuhan pada aturan itu berjenjang dari mulai atas ke tingkat bawah.

KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS 1. 2. Kendalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis, yaitu

KENDALAM MEWUJUDKAN KINERJA BISNIS ETIS 1. 2. Kendalam Mewujudkan Kinerja Bisnis yang Etis, yaitu : Faktor budaya masyarakat yang cenderung memandang pekerjaan bisnis sebagai profesi yang penuh dengan tipu muslihat dan keserakahan serta bekerja mencari untung. Faktor sistem politik dan sistem kekuasaan yang diterapkan oleh penguasa sehingga menciptakan sistem ekonomi yang jauh dari nilai-nilai moral. Hal ini dapat terlihat dalam bentuk KKN.

SUMBER https: //hakimfajrurachman. wordpress. com/2015/11/16/pengertia n-budaya-organisasi-dan-perusahaan-hubungan-budaya-danetika-kendala-dalam-mewujudkan-kinerja-bisnis-etis/ https: //ekanurdianaa. wordpress. com/2015/11/15/pengertianbudaya-organisasi-dan-perusahaan-hubungan-budaya-danetika-kendala-dalam-mewujudkan-kinerja-bisnis-etis/

SUMBER https: //hakimfajrurachman. wordpress. com/2015/11/16/pengertia n-budaya-organisasi-dan-perusahaan-hubungan-budaya-danetika-kendala-dalam-mewujudkan-kinerja-bisnis-etis/ https: //ekanurdianaa. wordpress. com/2015/11/15/pengertianbudaya-organisasi-dan-perusahaan-hubungan-budaya-danetika-kendala-dalam-mewujudkan-kinerja-bisnis-etis/