EBUSINESS DAN ECOMMERCE Ganbatte EBusiness dan ECommerce EBusiness

  • Slides: 16
Download presentation
E-BUSINESS DAN ECOMMERCE Ganbatte

E-BUSINESS DAN ECOMMERCE Ganbatte

E-Business dan E-Commerce E-Business Penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung seluruh kegiatan usaha.

E-Business dan E-Commerce E-Business Penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung seluruh kegiatan usaha. E-Commerce Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan komputer.

E - Commerce E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem

E - Commerce E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan.

EC didefinisikan dari berbagai perspektif: Communications Business process Service Online Collaborations Community

EC didefinisikan dari berbagai perspektif: Communications Business process Service Online Collaborations Community

EC didefinisikan dari berbagai perspektif: Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan

EC didefinisikan dari berbagai perspektif: Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya. Perdagangan: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui internet atau fasilitas online lainnya. Proses Bisnis: menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi.

lanjutan Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus

lanjutan Layanan: cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen. Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan. Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi. Komunitas: tempat berkumpul (mangkal) bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi.

Enterprise Resource Planning (ERP) Sistem Informasi untuk perusahaan manufaktur. Berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses

Enterprise Resource Planning (ERP) Sistem Informasi untuk perusahaan manufaktur. Berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis. Back Office System – Pelanggan dan Publik tidak dilibatkan. Memiliki kemampuan untuk mengolah sebagian besar transaksi. Dapat diakses secara Real-Time.

Customer Relationship Management (CRM) Istilah yang menggambarkan antara ‘sistem’ dan pelanggannya. Usaha perusahaan dalam

Customer Relationship Management (CRM) Istilah yang menggambarkan antara ‘sistem’ dan pelanggannya. Usaha perusahaan dalam menjaga hubungan dengan pelanggannya. Strategi bisnis perusahaan. Sebuah tool untuk mengerti pelanggannya.

Supply Chain Management (SCM) Pengelolaan yang efektif atas integrasi yang terlibat dalam kegiatan pemasokan.

Supply Chain Management (SCM) Pengelolaan yang efektif atas integrasi yang terlibat dalam kegiatan pemasokan. Perencanaan dan pengendalian yang baik atas kegiatan pengadaan. Perancangan dan kontrol arus material dan informasi sepanjang rantai pasokan. Bertujuan untuk mendapatkan kepuasan konsumen sekarang, dan dimasa yang akan datang.

Tipe-Tipe E-Commerce B 2 C : Hubungan bisnis antara pengusaha dengan customer-nya. B 2

Tipe-Tipe E-Commerce B 2 C : Hubungan bisnis antara pengusaha dengan customer-nya. B 2 B : Hubungan bisnis antara pengusaha dengan pengusaha lainnya. C 2 C : Hubungan bisnis antara customer dengan customer lain.

E - Business E-Commerce E-Banking E-Government E-Marketing E-Trading Etc…

E - Business E-Commerce E-Banking E-Government E-Marketing E-Trading Etc…

Perbedaan e-business dan e-commerce E-Commerce Tujuan benar-benar berorientasi pada perolehan uang (money-oriented). E-Business Berorientasi

Perbedaan e-business dan e-commerce E-Commerce Tujuan benar-benar berorientasi pada perolehan uang (money-oriented). E-Business Berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

Time to Think! Tukang Baso, Pedagang Elektronik di ABC, dan Amazon. com termasuk E-Business

Time to Think! Tukang Baso, Pedagang Elektronik di ABC, dan Amazon. com termasuk E-Business atau bukan?

Tukang Bakso Tukang baso yang menggunakan kalkulator untuk menghitung laba rugi tidak termasuk ebusiness

Tukang Bakso Tukang baso yang menggunakan kalkulator untuk menghitung laba rugi tidak termasuk ebusiness karena kalkulator hanyalah alat elektronik yang digunakan untuk kalkulasi dan tidak termasuk dalam teknologi informasi. Tukang bakso dapat masuk ke kategori ebusiness jika tukang bakso menggunakan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnisnya. Misalnya penggunaan Supply Chain Management (SCM) untuk mengelola rantai pasok usahanya.

Pedagang Elektronik di ABC Jika pedagang elektronik di ABC tidak menggunakan teknologi informasi yang

Pedagang Elektronik di ABC Jika pedagang elektronik di ABC tidak menggunakan teknologi informasi yang mendukung proses bisnis utama, maka pedagang elektronik di ABC tidaklah termasuk dalam e-business. Jika pedagang elektronik di ABC mengunakan e. Bay. com atau Amazon. com sebagai tempat penjualan alat-alat elektronik maka bisa dikatakan ia telah melakukan e-business karena telah menggunakan web/internet untuk penjualan.

Amazon. com termasuk ke dalam e-business, khususnya e-commerce, karena menjual barang-barang menggunakan web/internet kepada

Amazon. com termasuk ke dalam e-business, khususnya e-commerce, karena menjual barang-barang menggunakan web/internet kepada pelanggan.