Cathode Ray Tube Teknologi Tabung Brown CRT Display

  • Slides: 14
Download presentation
Cathode Ray Tube Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi

Cathode Ray Tube Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar.

Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi

Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan.

JENIS MONITOR ü Monitor CRT (Cathode Ray Tube) ü Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

JENIS MONITOR ü Monitor CRT (Cathode Ray Tube) ü Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor CRT (Cathode Ray Tube) Cara kerja jenis monitor ini adalah tampilan monitornya dihasilkan

Monitor CRT (Cathode Ray Tube) Cara kerja jenis monitor ini adalah tampilan monitornya dihasilkan dari pancaran sinar katoda (elektron) yang berkecepatan tinggi di dalam sebuah tabung yang hampa udara. Kemudian pancaran dari sinar katoda ini akan menumbuk layar yang bersifat flouroscent (berpendar ketika dikenakan cahaya). Tumbukan elektron atau katoda akan membentuk pola pada layar. Sementara itu, sinar katoda akan secara terus menumbuk layar monitor sesuai dengan input yang sebelumnya telah dikonversi ke dalam satuan gelombang elektromagnetik.

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) Monitor LCD (fungsi monitor) adalah merupakan jenis media tampilan

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) Monitor LCD (fungsi monitor) adalah merupakan jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai bahan utamanya. Jenis LCD ini sudah sangat populer digunakan di berbagai barang elektronik seperti televisi, layar komputer, kalkulator, dll. Saat ini layar LCD sudah sangat mendominasi untuk notebook atau laptop karena membutuhkan daya listrik yang rendah, sangat ringan beratnya, bentuk yang tipis, panas yang dihasilkan sedikit dan memiliki resolusi tinggi.

PRINTER Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan

PRINTER Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

JENIS-JENIS PRINTER 1. Printer Dot Matrik jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode

JENIS-JENIS PRINTER 1. Printer Dot Matrik jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. 2. Jenis Ink Jet Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. 3. Jenis Laser Jet Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah.

Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara.

Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP 3 Player, DVD Player dan lain sebagainya. speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.

BAGIAN-BAGIAN SPEAKER KOMPUTER 1. 2. 3. 4. 5. Sekat rongga (conus). Membran. Magnet. Kumparan.

BAGIAN-BAGIAN SPEAKER KOMPUTER 1. 2. 3. 4. 5. Sekat rongga (conus). Membran. Magnet. Kumparan. Casing.

Scanner merupakan salah satu perangkat keras yang mempunyai sistem kerja sama dengan mesin fotokopi.

Scanner merupakan salah satu perangkat keras yang mempunyai sistem kerja sama dengan mesin fotokopi. scanner bertugas untuk menduplikasi objek dari bentuk hard file menjadi file digital. Di dalam scanner, terdapat ensor yang fungsinya adalah mendekteksi objek, dan kemudian melakukan pemindaian ke komputer Anda.

JENIS-JENIS SCANNER 1. Flatbed Scanner 2. Automatic Document Feeder 3. Scanner Drum 4. Handheld

JENIS-JENIS SCANNER 1. Flatbed Scanner 2. Automatic Document Feeder 3. Scanner Drum 4. Handheld

Automatic Document Feeder Handheld Flat bed Drum

Automatic Document Feeder Handheld Flat bed Drum

Keyboard keyboard yaitu suatu peangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai

Keyboard keyboard yaitu suatu peangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

JENIS-JENIS KEYBOARD 1. Keyboard QWERTY. 2. Keyboard Dvorak. 4. Keyboard Klockenberg 3. Keyboard Alphabetic.

JENIS-JENIS KEYBOARD 1. Keyboard QWERTY. 2. Keyboard Dvorak. 4. Keyboard Klockenberg 3. Keyboard Alphabetic.