BENTUK DALAM KONTEKS BAHASA VISUAL Dzuha Hening Yanuarsari

  • Slides: 25
Download presentation
BENTUK DALAM KONTEKS BAHASA VISUAL Dzuha Hening Yanuarsari, S. Sn, M. Ds

BENTUK DALAM KONTEKS BAHASA VISUAL Dzuha Hening Yanuarsari, S. Sn, M. Ds

BENTUK Merupakan gambaran umum sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup. Salah

BENTUK Merupakan gambaran umum sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup. Salah satu cara melukiskan bentuk adalah dengan garis hingga menjadi bentuk-bentuk seperti lingkaran, elips, silinder, piramid, kubus, kemudian bentuk diisi dengan warna, nada, atau tekstur, sehingga akan menggambarkan atau menampilkan kualitasnya. Menurut Louis Sullivan disebut sebagai form follow function secara harfiah diartikan bentuk mengikuti fungsi yang sekarang banyak diaplikasikan pada abad-20.

Bentuk terdiri dari: 1) Bentuk Geometrik (Matemetika) 2) Bentuk Figuratif (Flora dan Fauna) 3)

Bentuk terdiri dari: 1) Bentuk Geometrik (Matemetika) 2) Bentuk Figuratif (Flora dan Fauna) 3) Bentuk Abstrak 4) Bentuk Abstraktif

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) Bentuk-bentuk tertentu yang terukur dan dapat didefinisikan, seperti lingkaran, bola, bujur

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) Bentuk-bentuk tertentu yang terukur dan dapat didefinisikan, seperti lingkaran, bola, bujur sangkar, tabung, limas, dan sebagainya. Geometris adalah bentuk dasar dari berbagai bentuk dan gambar.

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) DASAR Dwimatra Trimatra Secara geometri matematika sebuah bentuk memiliki dasar dalam

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) DASAR Dwimatra Trimatra Secara geometri matematika sebuah bentuk memiliki dasar dalam segala bentuk. Bentuk dasar tersebut dikategorikan menjadi dua yakni bentuk dwimatra sebagai bentuk yang memiliki satu arah pandang dengan sisi panjang dan lebar sedangkan trimatra merupakan bentuk ang memiliki beberapa arah pandang dengan sisi panjang, lebar dan tinggi atau bisa kita sebut memiliki volume.

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) PADA MAKANAN Bentuk geometrik (matematika) juga banyak diterapkan pada makanan utamanya

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) PADA MAKANAN Bentuk geometrik (matematika) juga banyak diterapkan pada makanan utamanya adalah makanan tradisional. Estetika dalam bentuk geometri yang diterapkan pada makanan tradisional merupakan wujud ekspresi bentuk yang diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam mengemas makanan memiliki nilai etis disamping citarasa.

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) PADA MINUMAN Beberapa perusahaan maupun bisnis minuman ringan memanfaatkan bentuk geometrik

BENTUK GEOMETRIK (MATEMATIKA) PADA MINUMAN Beberapa perusahaan maupun bisnis minuman ringan memanfaatkan bentuk geometrik dari makanan untuk menambah daya tarik pada produk mereka. Mengubah bentuk menjadi nilai ekonomi yang mampu meningkatkan omset merupakan faktor yang lumayan berpengaruh pada sebuah prowduk.

BENTUK GEOMETRIK (MATEMETIKA) SEBAGAI WUJUD BUDAYA KHAS DAERAH Konteks visual bentuk geometri juga banyak

BENTUK GEOMETRIK (MATEMETIKA) SEBAGAI WUJUD BUDAYA KHAS DAERAH Konteks visual bentuk geometri juga banyak diaplikasikan pada ranah budaya sebagai ciri khas berupa corak, motif dan ornamen.

BENTUK FIGURATIF (FLORA DAN FAUNA) Bentuk figuratif adalah bentuk yang berasal dari alam (nature).

BENTUK FIGURATIF (FLORA DAN FAUNA) Bentuk figuratif adalah bentuk yang berasal dari alam (nature). Lahirnya bentuk figuratif tergantung pada pemikiran seseorang tentang bentuk tersebut. Setiap kebudayaan bangsa memiliki konsep yang berbeda dengan gambar bentuk alam. Contoh bentuk figuratif dapat terlihat pada gambar manusia, hewan, tumbuhan, dan benda.

BENTUK FIGURATIF FLORA Bentuk figuratif flora banyak kita jumpai dalam berbagai wujud penerapan seperti

BENTUK FIGURATIF FLORA Bentuk figuratif flora banyak kita jumpai dalam berbagai wujud penerapan seperti desain gambar flora manual buatan manusia, fotografi flora, maupun pada desain kemasan produk. Beberapa bentuk flora banyak diadaptasi untuk mengangkat nuansa alam secara natural yang mampu memberikan kesegaran.

BENTUK FIGURATIF FAUNA Bentuk figratif fauna tidak saja diterapkan pada wujud fotografi, akantetapi juga

BENTUK FIGURATIF FAUNA Bentuk figratif fauna tidak saja diterapkan pada wujud fotografi, akantetapi juga terdapat penerapanya pada produk kemasan minuman, kosmetik maupun makanan. Penerapan bentuk figuratif tersebut terkait dengan unsur komposisi pada produk tersebut.

BENTUK ABSTRAK Bentuk abstrak adalah bentuk yang menyimpang dari wujud benda-benda atau makhluk yang

BENTUK ABSTRAK Bentuk abstrak adalah bentuk yang menyimpang dari wujud benda-benda atau makhluk yang ada di alam (nonfiguratif). Karya abstrak adalah karya yang telah mengalami proses eksplorasi bentuk lebih lanjut dari bentuk yang biasa kita lihat sehingga idenya lebih tinggi. Biasanya bentuk abstrak lebih menonjolkan esensi dari bentuk sebenarnya dengan pengolahan imaji dan daya khayal senimannya.

BENTUK ABSTRAK PADA KARYA SENI Terapan pada karya seni dan desain juga beberapa bisa

BENTUK ABSTRAK PADA KARYA SENI Terapan pada karya seni dan desain juga beberapa bisa kita Merupakan inspirasi dari bentuk asbtrak seperti karya-karya lukisan aliran kubisme yang banyak dihasilkan pelukis ternama yakni Pablo Picasso dan karya desain dengan penggayaan de stijl juga banyak menerapkan bentuk desain abstrak.

BENTUK ABSTRAK PADA KARYA SENI Karya seni abstrak lainnya dengan wujud imajinasi tinggi dengan

BENTUK ABSTRAK PADA KARYA SENI Karya seni abstrak lainnya dengan wujud imajinasi tinggi dengan pendalaman bentuk yang secara kasat mata tidak telihat secara langsung yang banyak menginspirasi seniman di Indonesia adalah karya seniman Affandi.

BENTUK ABSTRAKTIF Bentuk abstraktif adalah bentuk figuratif yang diubah sedemikian rupa sehingga beberapa bagian

BENTUK ABSTRAKTIF Bentuk abstraktif adalah bentuk figuratif yang diubah sedemikian rupa sehingga beberapa bagian dari bentuk asalnya menghilang dan bentuknya berubah menjadi bentuk yang sudah digayakan. Contoh bentuk abstraktif dapat dilihat pada batik, topeng, wayang kulit/golek, dan dekorasi.

BENTUK ABSTRAKTIF Peralihan bentuk dari wujud abstraktif beberapa menjadi wujud karya seni yang kental

BENTUK ABSTRAKTIF Peralihan bentuk dari wujud abstraktif beberapa menjadi wujud karya seni yang kental dengan unsur kebudayaan.

Penyerderhanaan Bentuk 1) Distorsi (penyimpangan) 2) Deformasi (perubahan bentuk) 3) Transformasi (perubahan terjadi adanya

Penyerderhanaan Bentuk 1) Distorsi (penyimpangan) 2) Deformasi (perubahan bentuk) 3) Transformasi (perubahan terjadi adanya penggabungan) 4) Stilasi (perubahan bentuk asli ke bentuk dekoratif) 5) Restorasi (perbaikan/pemulihan)

Distorsi Penyimpangan atau perubahan bentuk yang tidak diinginkan. Beberapa contoh distorsi tidak hanya terjadi

Distorsi Penyimpangan atau perubahan bentuk yang tidak diinginkan. Beberapa contoh distorsi tidak hanya terjadi pada konteks fotografi akantetapi juga pada ranah grafis. Distorsi memberikan wujud yang tidak sesuai dengan proporsi sebenarna.

Deformasi Perubahan bentuk atau wujud dari yg baik menjadi kurang baik. Deformasi banyak terjadi

Deformasi Perubahan bentuk atau wujud dari yg baik menjadi kurang baik. Deformasi banyak terjadi akibat dari penggayaan bentuk dari tiap individu yang berbeda dengan perspektif atau sudut pandang yang juga berbeda.

Pada bentuk logogram biasanya memerlukan beberapa penjaringan ide dalam berbagai wujud deformasi bentuk dari

Pada bentuk logogram biasanya memerlukan beberapa penjaringan ide dalam berbagai wujud deformasi bentuk dari bentuk asli yang mengacu pada filosofi logo tersebut.

Transformasi Perubahan terjadi adanya penggabungan) perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dsb). Transformasi bentuk terjadi

Transformasi Perubahan terjadi adanya penggabungan) perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dsb). Transformasi bentuk terjadi pada beberapa konteks seni dan desain yang berkorelasi dengan fungsi.

Stilasi Merubah bentuk asli dari sumber menjadi bentuk yang baru yang bersifat dekoratif dengan

Stilasi Merubah bentuk asli dari sumber menjadi bentuk yang baru yang bersifat dekoratif dengan tidak menghilangkan ciri khas dari bentuk asli.

Restorasi Perbaikan, pemulihan, atau pengembalikan atau memulihkan pada keadaan semula. Sekilas jika terjadi pada

Restorasi Perbaikan, pemulihan, atau pengembalikan atau memulihkan pada keadaan semula. Sekilas jika terjadi pada sebuah logo biasanya disebut sebagai rebranding maupun redesign.

 Sekian & Terimakasih

Sekian & Terimakasih