BAHASA INDONESIA 1 RAGAM DAN LARAS BAHASA Ragam

  • Slides: 20
Download presentation
BAHASA INDONESIA 1

BAHASA INDONESIA 1

RAGAM DAN LARAS BAHASA Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut

RAGAM DAN LARAS BAHASA Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

 Menurut Dendy Sugono (1999 : 9), bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul

Menurut Dendy Sugono (1999 : 9), bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tidak baku.

Ragam Bahasa Berdasarkan Waktunya Ragam Bahasa Berdasarkan Medianya Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasinya

Ragam Bahasa Berdasarkan Waktunya Ragam Bahasa Berdasarkan Medianya Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasinya

Ragam Bahasa Berdasarkan Waktunya Ragam Bahasa Kuno Ragam Bahasa Modern Ragam Bahasa Kontemporer

Ragam Bahasa Berdasarkan Waktunya Ragam Bahasa Kuno Ragam Bahasa Modern Ragam Bahasa Kontemporer

Macam-macam Ragam Bahasa Indonesia A. Berdasarkan media 1. ragam lisan 2. ragam tulis B.

Macam-macam Ragam Bahasa Indonesia A. Berdasarkan media 1. ragam lisan 2. ragam tulis B. Berdasarkan Situasi dan Pemakaian 1. ragam bahasa baku lisan 2. ragam bahasa baku tulis 3. ragam bahasa tulis standar 4. ragam bahasa tulis nonstandar 5. ragam bahasa semi standar

Ragam Bahasa Berdasarkan Medianya Ragam Bahasa Lisan Ragam Bahasa Tulis

Ragam Bahasa Berdasarkan Medianya Ragam Bahasa Lisan Ragam Bahasa Tulis

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (1) A. 1. 2. 3. Ragam Lisan Memerlukan

Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis (1) A. 1. 2. 3. Ragam Lisan Memerlukan orang kedua/teman bicara; Tergantung situasi, kondisi, ruang & waktu; Tidak harus memperhatikan unsur gramatikal, hanya perlu intonasi serta bahasa tubuh. B. Ragam Tulis 1. 2. 3. Tidak memerlukan orang kedua/teman bicara; Tidak tergantung kondisi, situasi & ruang serta waktu; Harus memperhatikan unsur gramatikal

Perbedaan ragam lisan dan tulis (2) Ragam lisan Ragam tulis 4. Berlangsung cepat; 5.

Perbedaan ragam lisan dan tulis (2) Ragam lisan Ragam tulis 4. Berlangsung cepat; 5. Sering dapat berlangsung tanpa alat bantu; 6. Kesalahan dapat langsung dikoreksi; 7. Dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik wajah serta intonasi. 4. Berlangsung lambat; 5. Selalu memakai alat bantu; 6. Kesalahan tidak dapat langsung dikoreksi; 7. Tidak dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik muka, hanya terbantu dengan tanda baca.

Perbedaan ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis (berdasarkan tata bahasa dan kosa kata)

Perbedaan ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis (berdasarkan tata bahasa dan kosa kata) : 1. Tata Bahasa (Bentuk kata, Tata Bahasa, Struktur Kalimat, Kosa Kata) a. Ragam bahasa lisan : Nia sedang baca surat kabar Ari mau nulis surat Tapi kau tak boleh nolak lamaran itu. Mereka tinggal di Menteng. Jalan layang itu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Saya akan tanyakan soal itu b. Ragam bahasa Tulis

Ragam lisan dan tulis berdasarkan kosa kata : 2. a. Kosa kata Ragam Lisan

Ragam lisan dan tulis berdasarkan kosa kata : 2. a. Kosa kata Ragam Lisan § Ariani bilang kalau kita harus belajar § Kita harus bikin karya tulis § Rasanya masih terlalu pagi buat saya, Pak b. Ragam Tulis

Pembedaan antara ragam standar, nonstandar, dan semi standar Berdasarkan : a. topik yang sedang

Pembedaan antara ragam standar, nonstandar, dan semi standar Berdasarkan : a. topik yang sedang dibahas, b. hubungan antarpembicara, c. medium yang digunakan, d. lingkungan, atau e. situasi saat pembicaraan terjadi Ciri yang membedakan : a) penggunaan kata sapaan dan kata ganti, b) penggunaan kata tertentu, c) penggunaan imbuhan, d) penggunaan kata sambung (konjungsi), dan e) penggunaan fungsi yang lengkap.

Contoh konjungsi (1) Ibu mengatakan, kita akan pergi besok (1 a) Ibu mengatakan bahwa

Contoh konjungsi (1) Ibu mengatakan, kita akan pergi besok (1 a) Ibu mengatakan bahwa kita akan pergi besok (2) Mereka bekerja keras menyelesaikan pekerjaan itu. (2 a) Mereka bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Pada contoh (1) merupakan ragam semi standar dan diperbaiki contoh (1 a) yang merupakan ragam standar.

Ciri-ciri ragam bahasa resmi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menggunakan unsur gramatikal secara

Ciri-ciri ragam bahasa resmi 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menggunakan unsur gramatikal secara eksplisit dan konsisten; Menggunakan imbuhan secara lengkap; Menggunakan kata ganti resmi; Menggunakan kata baku; Menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia; Menghindari unsur kedaerahan. Ciri-ciri ragam bahasa tidak resmi kebalikan dari ragam bahasa resmi. Ciri ragam bahasa akrab menggunakan kalimat pendek dan didukung oleh bahasa nonverbal.

Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasinya Ragam Ilmiah Ragam Sastra Ragam Pidato Ragam Berita

Ragam Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasinya Ragam Ilmiah Ragam Sastra Ragam Pidato Ragam Berita

C. Berdasarkan Bidang atau Tema yang sedang dikomunikasikan 1. ragam bahasa ilmiah; 2. ragam

C. Berdasarkan Bidang atau Tema yang sedang dikomunikasikan 1. ragam bahasa ilmiah; 2. ragam bahasa hukum; 3. ragam bahasa bisnis; 4. ragam bahasa agama; 5. ragam bahasa sosial; 6. ragam bahasa kedokteran; 7. ragam bahasa sastra; 7. dll.

Contoh ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan 1. 2. 3. 4. 5. Dia dihukum karena

Contoh ragam bahasa berdasarkan topik pembicaraan 1. 2. 3. 4. 5. Dia dihukum karena melakukan tindak pidana. (ragam hukum) Setiap pembelian di atas nilai tertentu akan diberikan discount. (ragam bisnis) Cerita itu menggunakan unsur flashback. (ragam sastra) Anak itu menderita penyakit kuorsior. (ragam kedokteran) Penderita autis perlu mendapatkan bimbingan yang intensif. (ragam psikologi)

Laras Bahasa Laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. Dalam hal ini kita

Laras Bahasa Laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. Dalam hal ini kita mengenal iklan, laras ilmiah populer, laras feature, laras komik, laras sastra, yang masih dapat dibagi atas laras cerpen, laras puisi, laras novel, dan sebagainya.

Ragam Ilmiah Sebuah karya tulis ilmiah merupakan hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil pemikiran,

Ragam Ilmiah Sebuah karya tulis ilmiah merupakan hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil pemikiran, fakta, peristiwa, gejala, dan pendapat. Jadi, seorang penulis karya ilmiah menyusun kembali pelbagai bahan informasi menjadi sebuah karangan yang utuh. Oleh sebab itu, penyusun atau pembuat karya ilmiah tidak disebut pengarang melainkan disebut penulis (Soeseno, 1981: 1).

Ciri bahasa Indonesia Ragam ilmiah : 1) Bahasa Indonesia ragam baku; 2) Penggunaan kalimat

Ciri bahasa Indonesia Ragam ilmiah : 1) Bahasa Indonesia ragam baku; 2) Penggunaan kalimat efektif; 3) Menghindari bentuk bahasa yang bermakna ganda; 4) Penggunaan kata dan istilah yang bermakna lugas dan menghindari pemakaian kata dan istilah yang bermakna kias; 5) Menghindari penonjolan persona dengan tujuan menjaga objektivitas isi tulisan; 6) Adanya keselarasan dan keruntutan antarproposisi dan antaralinea.