Bahasa Fungsi Bahasa Bahasa Hukum dan Hubungan Bahasa

  • Slides: 12
Download presentation
Bahasa, Fungsi Bahasa, Bahasa Hukum dan Hubungan Bahasa dengan Hukum Anang Zubaidy

Bahasa, Fungsi Bahasa, Bahasa Hukum dan Hubungan Bahasa dengan Hukum Anang Zubaidy

Apa yang dimaksud dengan bahasa? Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol

Apa yang dimaksud dengan bahasa? Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia.

Aspek Bahasa Bentuk/bunyi vokal Bahasa Apa yang diucapkan oleh alat ucap manusia Adalah hubungan

Aspek Bahasa Bentuk/bunyi vokal Bahasa Apa yang diucapkan oleh alat ucap manusia Adalah hubungan antara rangkaian bunyi vokal dengan hal atau barang yang diwakilinya Arti/Makna Tergantung kesepakatan masyarakat bahasa tertentu

Fungsi Bahasa 1. Sebagai alat komunikasi 2. Untuk tujuan praktis sebagai interaksi sosial. 3.

Fungsi Bahasa 1. Sebagai alat komunikasi 2. Untuk tujuan praktis sebagai interaksi sosial. 3. Untuk tujuan artistik sebagai media pemuasan rasa estetis manusia. 4. Untuk tujuan filologis (studi tentang budaya): digunakan untuk mempelajari naskah-naskah tua untuk menyelidiki latar belakang sejarah manusia. 5. Menjadi kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain.

Fungsi Bahasa Indonesia 1. Sebagai alat untuk menjalankan administrasi negara. 2. Sebagai alat pemersatu

Fungsi Bahasa Indonesia 1. Sebagai alat untuk menjalankan administrasi negara. 2. Sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. 3. Sebagai wadah penampung kebudayaan yang baru.

Tujuan belajar bahasa 1. Untuk memberikan dasar-dasar kemahiran berbahasa lisan dan tulisan 2. Mengenal

Tujuan belajar bahasa 1. Untuk memberikan dasar-dasar kemahiran berbahasa lisan dan tulisan 2. Mengenal diri sendiri dan memahami orang lain 3. Mengamati dunia sekitar lebih cermat 4. Mengembangkan proses berpikir yang jelas dan teratur.

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 1. Prof. MAHADI: Bahasa hukum adalah suatu corak penggunaan bahasa

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 1. Prof. MAHADI: Bahasa hukum adalah suatu corak penggunaan bahasa yang khas dalam dunia hukum, baik dalam wujud karya ilmiah, perundang-undangan, requisitoir, pleidooi, surat dalam perkara (jawaban, replik, duplik, konklusi), pepatah, istilah-istilah maupun yang berwujud keterampilan lisan dalam profesi seperti konseptor rancangan perundangan, hakim, jaksa, pengacara, notaris, polisi, wartawan hukum, mahasiswa hukum, dll.

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 2. Prof. Kuntjoro Poerbopranoto: Bahasa hukum Indonesia adalah bahagian dari

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 2. Prof. Kuntjoro Poerbopranoto: Bahasa hukum Indonesia adalah bahagian dari bahasa umum Indonesia yang meliputi lapangan hukum dalam masyarakat Indonesia dan pemeliharaan hukum serta penyelenggaraan pengadilan oleh instansi yang diakui oleh UU.

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 3. Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN): Bahasa hukum Indonesia adalah

Beberapa Pengertian Bahasa Hukum 3. Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN): Bahasa hukum Indonesia adalah bahasa Indonesia yang dipergunakan dalam bidang hukum, yang mengingat fungsinya mempunyai karakteristik tersendiri, oleh karena itu bahasa hukum Indonesia harus memenuhi syarat-syarat kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Hubungan Bahasa dan Hukum l Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia. l Hukum merupakan

Hubungan Bahasa dan Hukum l Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia. l Hukum merupakan instrumen yang mengatur hubungan kepentingan individu dengan individu yang lainnya. l Hukum sebagai salah satu disiplin ilmu memanfaatkan bahasa sebagai alat komunikasinya. Sedangkan bahasa merupakan satu-satunya alat yang digunakan untuk mensosialisasikan dan menegakkan hukum.

Kebenaran Dasar dalam Berbahasa l Bahwa apa yang disampaikan dalam tulisan itu tidak selalu

Kebenaran Dasar dalam Berbahasa l Bahwa apa yang disampaikan dalam tulisan itu tidak selalu dapat diterima sama atau dengan baik oleh setiap orang. l Bahwa makna yang akan disampaikan itu berada dalam pikiran perancang peraturan perundang-undangan bukan dalam kata atau simbol yang akan digunakannya. Bagaimana cermatnya makna itu dialihkan kepada orang lain tergantung pada keterampilan perancang untuk memilih kata-katanya, dan sejauh mana kecermatan pembaca menginterpretasikan kata-kata itu. l Bahwa komunikasi selalu tidak sempurna. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kata-kata itu terbatas dan sangat kasar untuk mewakili obyek atau hal yang akan dikomunikasikan. Komunikasi juga tidak sempurna karena para komunikator sendiri memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk mengalihkan pikirannya.

Sekian dan terima kasih

Sekian dan terima kasih