Apa itu USB dan Port USB Apasih USB

  • Slides: 16
Download presentation

Apa itu USB dan Port USB? Apasih USB itu? USB atau Universal Serial Bus

Apa itu USB dan Port USB? Apasih USB itu? USB atau Universal Serial Bus adalah sebuah jalur koneksi serial elektronik yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan segala macam device atau piranti yang bersifat eksternal ke komputer. Pada mulanya USB diciptakan untuk menghubungkan Smart Phone dengan Personal Computer (PC), namun pada akhirnya penggunaannya berkembang bahkan sampai kepada device seperti Mouse, Printer, Speaker, MP 3 Player, dll.

Apa itu USB dan Port USB? Lalu apa itu Port USB? Menurut bahasa, Port

Apa itu USB dan Port USB? Lalu apa itu Port USB? Menurut bahasa, Port USB terdiri dari dua kata yaitu dari kata Port dan USB. Sedangkan Port USB itu sendiri merupakan Port atau tempat untuk memasukkan kabel atau periferal lainnya ke komputer kita. Jika pengertian dari USB dan Port USB kita gabung, maka dengan kata lain Port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer kita.

Kenapa Menggunakan Port USB? Konektor beraneka ragam

Kenapa Menggunakan Port USB? Konektor beraneka ragam

Kenapa Menggunakan Port USB? Perangkat eksternal semakin banyak

Kenapa Menggunakan Port USB? Perangkat eksternal semakin banyak

Sifat dan Kemampuan USB • Mudah dihubungkan ke komputer karena tidak perlu membuka penutup

Sifat dan Kemampuan USB • Mudah dihubungkan ke komputer karena tidak perlu membuka penutup komputer. • Bentuk konektor USB seragam, hanya ada dua bentuk tipe socket. • Hot-plugable - artinya peralatan USB dapat dihubungkan saat komputer hidup • Plug and Play - artinya peralatan USB mudah digunakan, saat dihubungkan ke komputer, komputer akan mengenali mengambil program (driver) yang sesuai dengan peralatan tersebut.

Sifat dan Kemampuan USB • Perlatan yang memerlukan sumber daya kecil, bisa mengambil sumber

Sifat dan Kemampuan USB • Perlatan yang memerlukan sumber daya kecil, bisa mengambil sumber daya dari port USB. Sumber daya peralatan dimatikan saat tidak digunakan. • Kompatible dengan berbagai macam OS • Kecepatan transfer data tinggi. • Satu port USB dapat dihubungkan dengan 127 alat.

Cara Kerja Port USB Dari gambar di atas, colokan USB mempunya empat pin. Dua

Cara Kerja Port USB Dari gambar di atas, colokan USB mempunya empat pin. Dua pin untuk power dan dua pin sisanya untuk jalur data. Pin 1 sebagai penyuplai power dengan tegangan +5 Volt DC, sedangkan untuk Ground-nya ada di Pin 4. Sehingga kombinasi dari kedua pin ini bisa kita manfaat untuk tenaga / power. Sedangkan untuk Pin 2 dan 3 adalah untuk mengirim dan menerima data. Misalnya ketika kita meng-copy file dari laptop ke flashdisk, maka datanya akan lewat di Pin 2 dan 3.

Konektor Port USB

Konektor Port USB

Kecepatan Transfer Data Port USB Versi Kecepatan Keterangan USB 1. 0 1. 5 Mbps

Kecepatan Transfer Data Port USB Versi Kecepatan Keterangan USB 1. 0 1. 5 Mbps Low Speed USB 1. 1 12 Mbps Full Speed USB 2. 0 480 Mbps High Speed USB 3. 0 5 Gbps Super Speed USB 3. 1 10 Gbps Super Speed+

USB Type C Konektor USB Type-C atau dikenal sebagai atau USB 3. 1, merupakan

USB Type C Konektor USB Type-C atau dikenal sebagai atau USB 3. 1, merupakan konektor USB terbaru yang diproyeksikan sebagai pengganti USB 2. 0 atau USB 3. 0. Teknologi ini pertama kali dipakai pada Apple Mac. Book terbaru, dan saat ini mulai di aplikasikan pada smartphone berbasis sistem operasi Android, seperti One. Plus 2, Meizu Pro 5, dan Xiaomi Mi 4 c, Nexus 6 P, dan Nexus 5 X. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki konektor jenis ini, diantaranya :

Kelebihan USB Type C 1. Transfer Data Lebih Cepat USB Type-C memiliki kecepatan transfer

Kelebihan USB Type C 1. Transfer Data Lebih Cepat USB Type-C memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan port USB lainnya yang selama ini dipakai. Port ini dikatakan mampu memindahkan data dari komputer dengan kecepatan mencapai 10 Gbps, atau bisa dikatakan 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3. 0 yang memiliki kecpatan 5 Gbps, dan USB 2. 0 yang rata-rata memiliki kecepatan maksimum 480 mbps. Type-C.

Kelebihan USB Type C 2. Pengisian Daya Lebih cepat Selain transfer data lebih cepat,

Kelebihan USB Type C 2. Pengisian Daya Lebih cepat Selain transfer data lebih cepat, kelebihan USB Type-C adalah memiliki kemampuan transfer daya lebih cepat, sehingga mampu mempercepat proses pengisian daya baterai. USB Type-C mampu dialiri arus listrik lebih besar dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere, yang notabennya lebih besar dibandingkan USB tipe sebelumnya yang sebatas berdaya 5 Volt dan 1. 8 Ampere. Jadi otomatis pengisian daya

Kelebihan USB Type C 3. Bentuk Lebih Ramping dan Anti Terbalik Desain perangkat eksternal

Kelebihan USB Type C 3. Bentuk Lebih Ramping dan Anti Terbalik Desain perangkat eksternal semakin tipis, oleh karena itu harus diimbangi dengan port USB yang berukuran lebih tipis. Nah solusi paling tepat adalah memakai USB jenis Type-C yang memiliki ukuran lebih ramping dibandingkan port USB 2. 0 dan USB 3. 0. Menariknya lagi, port USB Type-C memiliki bentuk yang sama, sehingga bisa lebih mudah memasukan port USB Type-C pada perangkat tanpa perlu takut terbalik.

Kelebihan USB Type C 4. Bebas Cabut Pasang Sampai 10. 000 Kali Kelebihan USB

Kelebihan USB Type C 4. Bebas Cabut Pasang Sampai 10. 000 Kali Kelebihan USB Type-C yang lain adalah memiliki dayat tahan lebih lama dibandingkan USB pada umumnya. Bahkan kabarnya, USB Type-C bisa dipakai sebanyak 10. 000 kali, jadi tak perlu khawatir cabut pasang saat mentransfer file dari komputer, atuapun mengisi baterai. Apabila bandingkan dengan USB tipe standard yang hanya mampu dipakai 1. 500 kali.

Kelebihan USB Type C 5. Bisa tampilkan Gambar Beresolusi 4 K Kelebihan USB Type-C

Kelebihan USB Type C 5. Bisa tampilkan Gambar Beresolusi 4 K Kelebihan USB Type-C yang tak kalah keren adalah kemampuan untuk menampilkan gambar dan suara ke perangkat layar lebih besar, seperti TV atau Proyektor. Bahkan resolusi yang bisa ditampilkannya mencapai resolusi 4 K. Tentunya, ini bergantung pada perangkat pendukungnya, termasuk kabel USB itu sendiri.